oleh

Lapar Tengah Malam Jangan Salah Pilih Camilan Sehat untuk ‘Ganjal’ Perut

Kabar6-Ada sejumlah efek yang akan Anda alami jika memiliki kebiasaan mengemil di tengah malam, terlebih bila porsi yang dimakan berlebihan. Salah satunya adalah berat badan akan cepat naik.

Makan saat malam hari, menjadi kegiatan yang ‘menakutkan’, terlebih pada mereka yang sedang menjalankan program diet, karena saat malam hari proses pembakaran makanan menjadi lambat akibat tidak ada aktivitas yang dilakukan sehingga mudah menyebabkan berat badan naik.

Namun pada sebagian orang, rasa lapar justru membuat mereka susah tidur, bahkan mengalami nyeri perut. Bagaimana solusinya? Melansir MSN, seorang ahli diet di Cleveland Clinic Wellness bernama Erin Coates, merekomendasikan beberapa pilihan makanan yang bisa mengurangi risiko berat badan melonjak. Pilihan camilan pertama adalah enam ons yoghurt tawar yang ditambah topping setengah pisang, dan kayu manis.

Pisang mengandung kalium dan magnesium, serta mineral yang dapat melemaskan otot-otot dan membantu agar cepat tidur. Sementara yoghurt, memiliki protein tanpa lemak untuk membantu mengenyangkan.

Pilihan kedua adalah seperempat alpukat yang ditumbuk. Ada nutrisi pada alpukat seperti magnesium dan triptofan yang juga cepat membuat kenyang dan cepat membuat Anda mengantuk.

Selanjutnya adalah aprikot kering dan dark chocolate (cokelat hitam). Camilan ini mengandung antioksidan dan triptofan, yang dapat membantu siklus tidur. Pilihan terakhir adalah almond yang mengandung hormon melatonin pengatur tidur, serta lemak sehat untuk menghilangkan rasa lapar. ** Baca juga: Pakai Handuk Beramai-ramai Bisa Tularkan Panu?

Hal yang harus diingat, jangan jadikan makan larut malam sebagai suatu kebiasaan, ya.(ilj/bbs)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru