oleh

Bagaimana Cara Atasi Sakit Kepala Saat Puasa Tanpa Minum Obat?

Kabar6-Banyak orang yang mengalami sakit kepala saat berpuasa. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, antara lain karena dehidrasi. Biasanya ketika sakit kepala, seseorang akan langsung minum obat. Namun, bagaimana jika sedang berpuasa?

Seorang spesialis migrain di Northwestern Memorial Hospital, Chicago, bernama Jack M. Rozental, MD, PhD, menhatakan bahwa Anda bisa mengatasi sakit kepala tanpa harus meminum obat. Melansir Okezone, enam cara yang dimaksud:

1. Pijat ringan
Melakukan pemijatan ringan pada leher dan pelipis dapat meningkatkan aliran darah dan meredakan nyeri akibat pusing. Pijatan ini terbukti ampuh untuk menghilangkan sakit kepala secara cepat, dan meringankan kerja otot di sekitar kepala yang tegang.

2. Tutup mata dan istirahat
Menutup mata dan beristirahat merupakan cara yang tak kalah efektif untuk meringankan pusing Anda. Duduklah di ruangan yang tenang dan gelap dengan mata tertutup untuk merileksasi tubuh Anda sebentar.

“Pasien dengan sakit kepala secara naluriah mencari lingkungan yang gelap dan tenang di mana mereka dapat tidur setidaknya selama beberapa jam,” kata Rozental.

3. Kompres air hangat
Jika cara tersebut tidak berhasil coba letakkan bantal pemanas atau kain hangat di sekitar leher dan pangkal terngkorak Anda untuk meredakan pusing akibat saraf tegang. Jika hal ini tidak membantu, lakukan hal serupa menggunakan es batu sebagai gantinya.

4. Tidur
Selain menutup mata dan beristirahat, Anda juga dapat meringankan sakit kepala dengan cara tidur. Selain mendapat pahala dan baik bagi kesehatan tubuh, tidur juga dapat meredakan otot kepala yang menegang dan menyebabkan sakit kepala tersebut.

Namun perlu diperhatikan, jangan tidur terlalu lama karena saat puasa tubuh Anda akan kekurangan cairan, tidur terlalu lama ini dapat menguras tenaga saat Anda bangun.

5. Hindari stres
Beberapa masalah pusing juga disebabkan stres dan tekanan yang Anda alami. Jadi, cobalah untuk sebisa mungkin menghindarkan diri dari sesuatu yang dapat membuat Anda stres.

Selain itu, hindari lingkungan yang bising, tinggalkan pekerjaan sedikit lebih awal jika dapat dilakukan, atau minta pasangan untuk mengurus pekerjaan rumah atau anak-anak Anda.

6. Minyak oles atau balsam
Ada cara lain untuk meredakan sakit kepala saat puasa yaitu dengan mengoles minyak oles atau balsam pereda sakit yang kini banyak beredar di pasaran. Anda bisa memilih aroma yang Anda sukai.

Rasa hangat dan aroma dari minyak oles bisa meredakan sakit kepala saat menjalankan puasa. ** Baca juga: Jadi Orang Pendendam Tidak Baik untuk Kesehatan

Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru