oleh

Kenali 5 Tanda Hormon Anda Sedang Tidak Seimbang

Kabar6-Ada banyak komponen yang membuat tubuh Anda tetap bekerja dan berfungsi dengan baik, salah satunya adalah hormon. Ya, hormon menjadi zat penting dalam tubuh yang berperan dalam berbagai hal.

Hormon adalah zat kimia pada tubuh, bagian dari sistem endokrin yang memengaruhi kebanyakan sistem utama dan proses dalam tubuh, meliputi antara lain pencernaan makanan, penyerapan zat gizi, fungsi seksual, reproduksi, pertumbuhan serta perkembangan, detak jantung, suhu tubuh, siklus tidur, mood, rasa haus, kendali nafsu makan, fungsi kognitif dan lainnya.

Selain itu, hormon adalah zat yang bergerak dalam aliran darah ke jaringan dan organ. Zat ini sangat berpengaruh bagi fungsi tubuh. Sedikit saja jumlah hormon berubah, maka akan memengaruhi suatu fungsi tubuh tertentu bahkan kesehatan Anda secara umum. Maka itu, penting untuk menjaga keseimbangan jumlah hormon dalam tubuh.

Kaum hawa cukup sensitif dan rentan mengalami ketidakseimbangan hormon. Melansir beberapa sumber, berikut adalah lima tanda bahwa hormon Anda mengalami masalah:

1. Siklus haid yang tidak teratur
Jika siklus haid Anda tidak teratur atau mungkin yang lebih buruk lagi, jarang muncul, ini menjadi indikator kuat bahwa hormon Anda mengalami masalah. Jangan biarkan terlalu lama karena kesuburan, kesehatan tulang, dan kesehatan jantung Anda bisa terganggu.

Ada beberapa penyebab hal ini seperti stres, olahraga berlebihan, pola makan yang buruk, lemak tubuh rendah, pil kontrasepsi, dan sindrom ovarium polikistik (PCOS). Sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter untuk mengatasinya. Kurangi olahraga yang terlalu berat, hindari stres, serta jaga pola makan sehat.

2. Jerawat di sepanjang garis rahang atau di punggung
Jika memiliki masalah jerawat di punggung atau di area rahang, kadar testosteron Anda mungkin terlalu tinggi. Untuk mengatasinya, cobalah konsumsi lebih banyak makanan kaya protein.

Selain itu, hindari gula yang meningkatkan insulin dan testosteron, menambah asupan asam lemak omega-3 anti-inflamasi, serta rajin berolahraga untuk meningkatkan sensitivitas insulin dan membantu menjaga berat badan.

3. Banyak lemak di perut, kekebalan tubuh rendah, dan memiliki masalah tidur
Tanda-tanda ini bukan sekadar akibat berat badan naik, tetapi juga berkaitan dengan perubahan hormon dalam tubuh. Ubah pola hidup Anda dengan menghindari stres, rajin berolahraga, mengurangi konsumsi kafein, mengurangi konsumsi gula, dan tidur di ruangan gelap.

4. Sembelit, energi rendah, berat badan bertambah, serta tangan dan kaki yang kaku
Semua hal ini mengindikasikan kelenjar tiroid yang lelah. Kelenjar tiroid bekerja mengontrol metabolisme dan merupakan termostat tubuh Anda.

Berikan nutrisi pada tiroid Anda dengan menghindari stres, mengonsumsi makanan yang kaya yodium (seperti rumput laut) dan selenium, dan makan karbohidrat berkualitas baik ke dalam makanan Anda, misalnya dari beras merah, buah, dan sayur.

5. Rendahnya atau tidak ada dorongan seksual
Jika lebih memilih menonton televisi ketimbang bercinta, maka Anda harus waspada. Kadar testosteron dalam tubuh mungkin rendah, sedangkan hormon kortisol tinggi.

Lakukan teknik pernapasan dalam, yoga, meditasi, dan akupunktur, untuk membantu mengembalikan gairah Anda. ** Baca juga: Kurang Minum, Buah dan Sayur yang Bisa Bantu Penuhi Cairan Tubuh

Jangan abaikan sejumlah tanda yang menunjukkan ketidakseimbangan kadar hormon dalan tubuh Anda.(ilj/bbs)

Berita Terbaru