oleh

Jangan Sembarangan Turunkan Berat Badan

Kabar6-Hal yang menjengkelkan adalah saat timbangan berat badan tak kunjung bergeser ke kiri alias turun, padahal Anda sudah bersusah payah menjalankan program diet, pantang konsumsi makanan berlemak, sekaligus rutin berolahraga.

Mengapa hal ini sering terjadi? Bisa saja karena Anda menjalankan pola menurunkan berat badan yang kurang tepat. Melansir Pesona, ada beberapa hal yang secara tidak sadar sering Anda lakukan, dan ternyata kurang tepat. Apa sajakah itu?

1. Tidak mengurangi garam
Anda boleh saja mengatakan tidak makan nasi, tapi Anda tak pernah mengurangi garam sama sekali. Bahkan Anda menolak nasi uduk sebagai menu makan pagi dan hanya menggantinya dengan sepotong bakwan goreng dan sekantong keripik kentang.

Kalorinya mungkin lebih kecil, tapi kandungan garamnya jauh lebih besar. Garam berlebih akan menahan cairan tubuh, sehingga berat Anda tak kunjung turun.

2. Menolak produk susu
Sebenarnya susu rendah lemak dan olahannya seperti yoghurt justru membantu penyerapan nutrisi tubuh dan mengurangi lemak dari tubuh hingga 50 persen. Menghindari susu justru membuat Anda lebih banyak ngemil makanan manis.

3. Makan sambil bersantai
Daripada makan di meja makan, Anda memilih makan sambil membaca, nonton TV, atau sambil menatap komputer. Makan pun menjadi tidak konsen karena Anda hanya mengunyah seadanya, sementara kalori yang masuk cenderung tidak dibatasi. Makan sambil bersantai juga membuat Anda cenderung mengambil porsi lebih banyak.

4. Bikin jadwal cheat day
Sepanjang hari kerja, porsi makan Anda sangat minim, bahkan melewatkan karbohidrat dan daging merah. Begitu weekend tiba, Anda memutuskan untuk cheat day, artinya boleh makan sesukanya.

Hal ini menyebabkan gula darah Anda melonjak tiba-tiba dan kalori akan ditimbun sebagai lemak jika tak segera dibakar melalui olahraga.

5. Olahraga sesekali
Olahraga yang hanya sesekali justru membuat nafsu makan meningkat dan otot cepat kendur, yang menjadi tempat berkumpulnya lemak. Sebaliknya, jika Anda olahraga dengan jadwal rutin dan ditambah durasinya, lemak akan cepat terbakar.

6. Kurang istirahat
Anda rela memotong jam tidur agar beraktivitas lebih banyak. Misalnya, jatah tidur dikurangi satu jam agar Anda bisa jogging atau bersepeda.

Padahal, Anda tidak akan maksimal beraktivitas jika tubuh kelelahan. Tubuh lelah akan merangsang timbulnya hormon kortisol yang menambah nafsu makan dan memperlambat metabolisme. ** Baca juga: Hal yang Terjadi Apabila Tubuh Kekurangan Vitamin C

Perhatikan lagi hal-hal yang membuat berat badan susah turun.(ilj/bbs)

Berita Terbaru