oleh

Jangan Lupa ‘Beri’ Otak 4 Makanan Sehat

Kabar6-Makanan dapat membantu Anda mendapatkan energi, termasuk untuk pertumbuhan badan dan otak, dengan kandungan gizi yang berbeda-beda.

Sementara, otak merupakan salah satu organ yang fungsinya sangat vital bagi manusia. Setiap bagian otak memiliki tugas tertentu yang memengaruhi sistem kerja berbagai organ tubuh.

Karena itulah penting untuk memperhatikan asupan makanan Anda sehari-hari. Melansir rd, ini empat makanan sehat yang disarankan untuk otak:

1. Telur
Telur kaya akan kolin, nutrisi seperti vitamin B. Saat Anda makan telur, maka otak menggunakan kolin untuk membuat asetilkolin, sebuah neurotransmitter yang penting untuk menjaga memori dan komunikasi di antara sel-sel otak.

Peneliti di Boston University melakukan penelitian kebiasaan makan dari 1.400 orang dewasa yang sehat selama 10 tahun dan menemukan bahwa asupan kolin memberikan hasil yang lebih baik dalam beberapa tes memori.

2. Beri
Buah ini dikatakan sebagai brainberries, buah-buahan yang memiliki kandungan antioksidan, membantu melindungi otak dari stres oksidatif, dan mengurangi efek buruk kemungkinan terkena penyakit karena masalah usia yaitu penyakit Alzheimer atau demensia.

Sebuah studi Harvard dalam jurnal Annals of Neurology menemukan bahwa wanita yang melaporkan makan lebih banyak blueberry dan stroberi mengalami penurunan kognitif lebih pelan dibanding dengan mereka yang makan lebih sedikit buah.

3. Alpukat
Alpukat hampir sama baiknya dengan blueberry dalam mempromosikan kesehatan otak. Buah yang kaya akan lemak tak jenuh tunggal ini yang memberikan kontribusi untuk aliran darah yang sehat di otak.

Alpukat juga dapat membantu menurunkan tekanan darah, yang dapat mengurangi risiko Anda untuk mengalami hipertensi atau stroke yang secara permanen dapat merusak jaringan otak.

4. Salmon
Otak Anda mencintai asam lemak omega-3, yang memainkan peran penting dalam fungsi kognitif. Penelitian dalam jurnal Neurology mengungkapkan, rendahnya kadar lemak tak jenuh dalam darah dihubungkan dengan volume otak yang lebih kecil dan performa yang buruk pada tes memori.

Asam lemak omega-3, yang ditemukan dalam ikan salmon dan ikan air dingin lainnya, juga dapat meningkatkan kemampuan otak orang dewasa muda. ** Baca juga: Buah-buahan yang Sebaiknya Disediakan untuk Pendamping Menu Idul Adha

Menurut penelitian di University of Pittsburgh, orang dewasa di bawah usia 25 yang meningkatkan asupan omega-3 mereka selama enam bulan memiliki nilai yang baik dalam tes memori.

Jadi, perhatikan asupan makanan yang Anda konsumsi agar kondisi tubuh serta otak tetap terjaga.(ilj/bbs)

Berita Terbaru