oleh

Buah-buahan yang Sebaiknya Disediakan untuk Pendamping Menu Idul Adha

Kabar6-Berlebihan makan daging saat Hari Raya Idul Adha tentu tidak baik untuk kesehatan. Apalagi jika daging diolah atau dimasak dengan kuah santan kental maupun dibakar.

Mengonsumsi daging berlebihan bisa memicu stroke, gula darah tinggi, bahkan serangan jantung. Untuk itu disarankan mengonsumsi buah serta sayur untuk menjaga kesehatan tubuh sekaligus mengurangi kolesterol.

Buah-buahan mengandung serat yang larut dalam air, dapat menurunkan penyerapan lemak dan kolesterol dalam darah, sehingga sirkulasi darah menjadi lancar. Melansir Kompas, ini sejumlah buah yang direkomendasikan sebagai pendamping menu Idul Adha untuk menurunkan kolesterol:

1. Pepaya
Kolesterol bisa menempel pada pembuluh darah. Jika terjadi oksidasi akibatnya akan berkumpul membentuk plak dan menutupi pembuluh darah. Pepaya mengandung vitamin E dan C. Vitamin tersebut, dapat membuat enzim paraxonase menghambat oksidasi kolesterol di pembuluh darah.

2. Apel
Buah apel dapat membantu menurunkan kolesterol. Apel mengandung pektin yang larut dalam air. Pektin ini akan bekerja menyerap koletereol dan lemak jahat di usus halus. Apel juga mengandung vitamin dan antioksidan polifenol yang berfungsi mengurangi peradangan.

3. Pir
Satu buah pir cukup untuk 16 persen kebutuhan serat tubuh. Bahkan, kandungan serat buah pir lebih tinggi dari apel. Sama seperti apel, pir mengandung pektin yang dapat mengikat kolesterol dan membuangnya keluar tubuh. Satu buah pir ukuran sedang dapat mencukupi 16 persen kebutuhan serat harian Anda.

4. Anggur
Anggur punya senyawa antioksidan tinggi. Antioksidan ini dapat menurunkan kolestrol jahat di dalam darah. Anggur juga dapat melawan peradangan dalam tubuh. ** Baca juga: Jangan Lewatkan 4 Olahan Sehat di Hari Raya Idul Adha

5. Jeruk
Jerul kaya serat dan larut air yang dapat mengikat kolesterol yang terserap di usus halus. Jeruk juga punya kadar tinggi vitamin C, yang membantu mencegah penumpukan kolesterol. Makan buah berjumlah 2-3 porsi sehari dapat mencegah penyakit dan menjaga kesehatan tubuh.

Jangan lupa konsumsi buah-buahan agar tubuh tetap sehat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru