oleh

Bantu Redakan Migrain dengan 4 Jenis Olahraga Ini

Kabar6-Saat mengalami migrain, banyak orang memilih langsung mengonsumsi obat agar dapat segera beraktivitas kembali. Padahal saat migrain menyerang, tidak selalu harus diatasi dengan minum obat pereda nyeri, lho.

Ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan migrain, salah satunya dengan berolahraga. Melansir Hellosehat, beberapa jenis olahraga ternyata cukup manjur untuk meredakan nyeri migrain. Apa saja olahraga yang dimaksud?

1. Latihan aerobik/kardio
Olahraga aerobik ringan adalah pilihan tepat untuk menghilangkan migrain yang membandel. Pasalnya, gerakan dalam olahraga aerobik akan melenturkan leher dan punggung serta melatih Anda untuk bernapas lebih teratur.

2. Yoga
Yoga bisa membuat tubuh terasa bugar, memberikan ketenangan, menurunkan denyut jantung dan tekanan darah, serta mengurangi nyeri. Seluruh manfaat ini membantu tubuh pulih dari kondisi yang menimbulkan stres dan tekanan, termasuk migrain.

3. Latihan kekuatan (strength/resistance training)
Manfaat latihan kekuatan tidak sebatas untuk membentuk otot yang besar. Olahraga ini pun dapat meredakan migrain dengan cara memperkuat otot leher, punggung, dan bahu. Otot-otot pada area ini memang sering kali tegang akibat duduk terlalu lama.

Selain itu, latihan kekuatan juga bisa melancarkan peredaran darah dan melatih Anda bernapas dengan efektif. Dengan demikian, otak akan senantiasa memperoleh pasokan oksigen yang cukup sehingga keluhan migrain dapat berkurang.

4. Peregangan kepala, leher, dan bahu
Olahraga ringan seperti peregangan sangat ampuh untuk menghilangkan migrain akibat otot leher kaku dan tegang. Misalnya memutar bahu ke belakang sambil mendekatkan kedua tulang belikat. Menundukkan kepala hingga mata menatap lantai, kemudian putar kepala membentuk lingkaran hingga mencapai posisi awal.

Olahraga tidak hanya membuat tubuh terasa bugar, tapi juga dapat menghilangkan keluhan terkait nyeri seperti halnya migrain. Namun, pastikan Anda memilih olahraga yang cukup ringan karena kemampuan tubuh tentu berkurang saat migrain melanda.

Jangan lupa lakukan gerakan pemanasan sebelum berolahraga dan gerakan pendinginan setelahnya. Juga beristirahat dan minum lebih banyak air. ** Baca juga: Vitamin dan Mineral yang Sebaiknya Dikonsumsi Wanita Usia Akhir 20 Tahun

Jika migrain bertambah parah walaupun Anda sudah melakukan olahraga di atas, istirahatlah sejenak dan segera berkonsultasi dengan dokter.(ilj/bbs)

Berita Terbaru