Negara yang Sudah ‘Raib’ dari Peta Dunia

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Peta dunia adalah peta permukaan Bumi yang dapat dibuat menggunakan berbagai proyeksi peta. Peta Dunia dapat berupa peta politik maupun fisik. Tujuan utama peta politik adalah menunjukkan batas teritorial. Sementara tujuan peta fisik untuk menampilkan fitur geografi seperti pegunungan, jenis tanah atau penggunaan tanah.

Jika sebuah negara sudah terdapat dalam peta dunia, artinya negara tersebut memang sudah diakui keberadaannya. Namun tahukah Anda, dikutip dari berbagai sumber, ternyata terdapat empat negara yang sudah tidak ada dalam peta dunia, lho. Negara mana saja yang dimaksud?

1. Jerman Timur
Usai Perang Dunia II, negara Jerman terpecah menjadi dua yakni Jerman Barat dan Jerman Timur. Tepat pada 3 Oktober 1990, beberapa wilayah dari Jerman Timur memutuskan untuk bergabung dengan Jerman Barat. Hal ini menjadi latar belakang bergabungnya kembali Jerman Barat dan Jerman Timur. Kemudian tembok Berlin yang memisahkan Jerman Barat dan Jerman Timur pun ikut diruntuhkan.

2. Uni Soviet
Beberapa negara di dunia yang berpihak pada Uni Soviet pada masa kejayaannya dikenal dengan sebutan gerakan Blok Timur. Seiring waktu, kekuatan Uni Soviet pun mulai memudar. Negara ini terpecah menjadi 15 bagian yakni Armenia, Azerbaijan, Belarusia, Estonia, Georgia, Kazakhstan, Kirgizstan, Latvia, Lituania, Moldova, Rusia, Tajikistan, Turkmenistan, Ukraina, dan Uzbekistan.

3. Yugoslavia
Dulu di Eropa terdapat negara yang bernama Yugoslavia. Negara ini hancur karena perang saudara yang berkepanjangan. Akibatnya, Yugoslavia terpecah menjadi beberapa negara, yakni Slovenia, Kroasia, Makedonia, Bosnia-Herzegovina, Serbia, Montenegro, dan Kosovo.

4. Sikkim
Negara ini berdiri dari abad 8-20 Masehi, dan kemudian menghilang karena rakyatnya mengalami kemiskinan. Alhasil, negara Sikkim pun memutuskan untuk bergabung dengan India.

5. Ottoman-Empire
Negara Ottoman-Empire sempat berjaya selama enam abad lamanya. Ottoman-Empire pernah menguasai sejumlah wilayah, yakni mulai dari Maroko sampai Teluk Persia, hingga ke utara Hungaria. Namun kejayaan Ottoman-Empire runtuh karena terjadi perang saudara. Negara ini sekarang dikenal dengan nama Turki.

6. Cekoslovakia
Negara Cekoslovakia termasuk dalam benua Eropa yang berdiri pada 1918 hingga 1992. Tepat pada 1993, Cekoslovakia mengalami perpecahan menjadi Republik Ceko di bagian barat dan Slowakia di bagian timur. ** Baca juga: Booby Trap Bra Jadi Senjata untuk Hindari Pelecehan Seksual

Runtuhnya sebuah negara sebagian memang disebabkan karena terjadinya perang saudara atau bencana alam.(ilj/bbs)