Kandungan Lemak dalam 5 Makanan Ini Baik untuk Kesehatan

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Demi menjaga berat badan, tidak sedikit orang yang menghindari konsumsi makanan berlemak.

Padahal kenyataannya, tidak semua makanan berlemak ‘jahat’, karena sebagaimana dilansir Newshealthmax, menurut data yang ditulis dalam Centers for Disease Control and Prevention, terdapat lemak yang justru baik dikonsumsi dalam kelima jenis makanan berikut:

1. Ikan
Lemak dalam ikan sering disebut dengan lemak tak jenuh ganda atau asam lemak omega 3. Lemak sehat ini bisa ditemukan pada ikan salmon, dan ikan laut lainnya. Lemak yang sehat ini dapat menurunkan risiko penyakit jantung serta menurunkan risiko nyeri pada sendi.

2. Kacang-kacangan
Kacang mengandung lemak nabati, yang jika dikonsumsi secara rutin dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner dan menurunkan risiko diabetes tipe 2. Kacang-kacangan yang baik untuk kesehatan adalah almond, mede, hazelnut, kacang tanah, pistachio, macadamia, kenari, dan lain-lain.

3. Produk susu
Dalam jumlah yang tepat, lemak dalam susu tidak akan memberikan bahaya pada tubuh. Mengonsumsi susu rutin dengan jumlah yang tepat akan meningkatkan kesehatan jantung, sekaligus membantu mengurangi jumlah kolesterol jahat.

4. Minyak nabati
Minyak zaitun dan minyak sawit mengandung asam lemak omega 3 yang baik untuk kesehatan. Hal yang harus diingat, jangan gunakan minyak yang sama untuk menggoreng berkali-kali.

5. Daging merah & daging unggas
Daging merah atau unggas biasanya dianggap berbahaya untuk kesehatan. Namun semua itu tergantung bagaimana mengolahnya. Daging ayam tanpa kulit atau sapi tanpa lemak adalah jenis daging yang sehat, apalagi jika prosesnya tidak dibakar atau digoreng. Zat besi dan lemak sehat dalam daging merah dan daging unggas baik untuk kesehatan jantung dan dapat menjaga tekanan darah. ** Baca juga: Sstt…Pria Ternyata Lebih Butuh Liburan Ketimbang Wanita

Selama diolah dengan tepat, lemak pada makanan tidak akan membahayakan kesehatan.(ilj/bbs)