oleh

Ternyata…Recom LPM ICD Berasal Dari Asda 1 Kabupaten Tangerang

Kabar6-Teka-teki penunjukan tim independen lembaga pemberdayaan masyarakat Institute for Community Development (LPM ICD) untuk melaksanakan tes kompetensi dasar bakal calon (Balon) Kepala Desa (Kades) mulai terkuak.

Proses penunjukan LPM ICD itu direkomendasikan oleh asisten daerah (Asda) satu Kabupaten Tangerang, Heri Herianto.

Pernyataan itu disampaikan Kepala Dinas Pemeberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Tangerang Adiyat Nuryasin.

Menurutnya, ia tidak pernah menunjuk LPM ICD untuk menggelar tes kopetensi dasar Balon Kades tersebut.

“Atasan saya, pak Asda satu (Heri Herianto Red) yang merekomendasikan bahwa pemilik LPM ICD punya kemampuan untuk itu,” katanya kepada wartawan di ruangannya Kamis (10/10/2019).

Kemudian pihaknya menawarkan kepada LPM ICD untuk menjadi tim independen untuk menggelar tes kompetensi dasar balon kades, lantaran tidak ada pilihan lainnya.

Lalu, pihaknya memfasilitasi dengan panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) melakukan kerjasama untuk mendapatkan hasil bakal calon menjadi calon kepala desa. Sekali lagi, saya bukan yang menunjuk.

“Silahkan konfirmasi ke Asda satu,” ujarnya.

Ia menambahkan, terkait informasi bahwa kantor LPM ICD diduga tidak ada di Komplek Tirta Kencana Blok C no 7, Cibabat, Cimahi, Jawa Barat itu tidak ada, pihaknya tidak tahu.

“Saya juga tidak tahu karena baru mendengar informasi barusan,” tuturnya.

Menanggapi hal ini, Asda satu membantah bahwa ia yang memberikn rekomendasi LPM ICD tersebut. Justru, ia baru melihat dan mendengar saat pelaksanaan tes kompetensi dasar bakal calon pada, Selasa (8/10/2019) lalu.

“LPM ICD mah baru lihat dan baru dengar kemarin saya juga, kalau berurusan dengn tim IPDN kn sudah lama tidak berhubungan,” ujarnya.

Untuk mengetahui penunjukan LPM ICD tersebut, Heri menyarankan untuk menanyakan ke mantan Kepala Bidang (Kabid) Kepala Desa pada DPMPD, Hafid.

“Pak Adiyat itu kan kadis baru. Mungkin tidak tahu, coba mungkin lebih pas ke pak Hafid yang sekarang bertugas di kecamatan Cisoka,” tutupnya.

Diberitakan sebelumnya sejumlah kalangan mempertanyakan keberadaan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) atau Institute For Community Development (ICD), sebagai tim penilai dalam proses seleksi Bakal Calon Kepala Desa (Balon Kades) di Kabupaten Tangerang.**Baca juga: Warga Pertanyakan Posisi LPM ICD Dalam Tim Seleksi Calkades di Tangerang.

LPM yang bermarkas di daerah Cimahi, Bandung, Jawa Barat ini diketahui terlibat langsung sebagai panitia independen yang ditunjuk untuk menyelenggarakan ujian atau test tertulis tentang kemampuan dasar Balon Kades.(Vee)

Berita Terbaru