Home / Aneka Berita / Sehat / Kondisi Kesehatan Ternyata Bisa Dilihat dari Bentuk Bokong
Ilustrasi/bbs

Kondisi Kesehatan Ternyata Bisa Dilihat dari Bentuk Bokong

Kabar6-Siapa bilang hanya mata, lidah, atau raut wajah saja yang bisa menunjukkan kondisi kesehatan Anda? Ternyata, bentuk bokong pun menyimpan arti tertentu, lho. Benarkah demikian? Ada beberapa bentuk bokong pada tiap orang. Melansir MSN, ini arti bentuk bokong yang dimaksud:

1. Bulat & berisi
Salah satu penelitian dalam International Journal of Obesity menemukan bahwa tumpukan lemak di bokong dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan penyakit kronis lainnya.

Dari penelitian ini juga diketahui bahwa orang yang memiliki bentuk bokong yang bulat, cenderung memiliki kadar kolesterol yang normal dan berpeluang rendah terkena penyakit kronis seperti diabetes.

Biasanya, bokong berbentuk bulat dan berisi ini juga menandakan bahwa otot paha belakang dilatih dengan rutin, sehingga bokong naik dan terlihat berisi. Meskipun ada tumpukan lemak di dalamnya, tapi otot di area tersebut juga terbentuk. Jadi, semakin kecil peluang Anda terserang penyakit kronis.

2. Lebar & datar
Bokong yang datar dan lebar menandakan bahwa otot-otot area pinggul lemah dan jarang digunakan. Umumnya orang yang memiliki bentuk bokong seperti ini terbiasa duduk sangat lama dan tak rutin olahraga.

Bukannya tidak sehat, tapi hal ini menunjukkan bahwa mungkin saja tumpukan lemak di bokong sudah sangat banyak dan otot akan semakin lemah jika tidak digunakan. Bila dibiarkan maka bisa membuat Anda berisiko alami penyakit kronis tertentu.

Apalagi, jika Anda masih meneruskan kebiasaan kurang gerak. Lama-kelamaan, berat badan meningkat dan jumlah lemak di bokong pun bertambah. Jadi usahakan untuk tetap aktif menggerakkan otot-otot area pinggul. Bila merasa sudah kelamaan duduk, Anda bisa berjalan-jalan sebentar dan melakukan peregangan. Atau luangkan satu hingga dua menit per hari untuk melakukan squat agar bokong bulat dan naik.

3. Kecil di bokong, besar di pinggang
Memiliki bokong yang kecil sementara area perut dan pinggang besar membuat Anda berisiko besar terkena penyakit jantung atau penyakit kronis lainnya. Biasanya, orang yang punya bentuk bokong seperti ini, otomatis memiliki bentuk tubuh apel alias bagian dada, lengan, perut tebal berisi.

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di Annals of Internal Medicine, seseorang yang menyimpan lemak di pinggang mungkin memiliki risiko harapan hidup yang rendah, bahkan jika ia tidak mengalami kelebihan berat badan.

Peneliti melacak lebih dari 15 ribu pria dan wanita dengan indeks massa tubuh yang berbeda selama sekira 14 tahun. Peneliti menemukan orang dengan berat badan normal dan tubuh berbentuk apel memiliki risiko lebih tinggi meninggal akibat penyakit jantung atau penyebab lain dibandingkan dengan orang yang memiliki tumpukan lemak di paha atau di pinggul. ** Baca juga: Ada 3 Mitos Penghambat Penurunan Berat Badan

Bagaimana dengan Anda? (ilj/bbs)

Check Also

Benarkah Cokelat Memang Baik untuk Kesehatan?

Kabar6-Tidak hanya lezat, cokelat pun bisa meningkatkan mood. Cokelat mengandung sejumlah bahan kimia yang menghambat ...