oleh

Bagaimana Agar Manfaat Lemak Jadi Lebih Maksimal untuk Tubuh?

Kabar6-Harus diakui, sebagian besar makanan berlemak memang memiliki rasa yang lezat dan bikin ketagihan. Ya, lemak memang enak untuk dikonsumsi. Namun apabila Anda mengonsumsi dalam jumlah yang berlebihan, tentu saja dapat menimbulkan masalah pada kesehatan.

Karena itulah, Anda perlu tahu berapa banyak lemak yang harus dikonsumsi setiap harinya. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Georgia Selatan, melansir Bornfitness, disebutkan bahwa 20-35 persen dari kalori yang Anda konsumsi setiap hari harus berasal dari lemak. Tidak hanya membuat perut Anda penuh, lemak juga dapat membantu membakar kalori.

Dalam penelitian tersebut diungkapkan, seseorang yang mengonsumsi makanan tinggi protein dan makanan tinggi lemak akan meningkatkan pembakaran lemak sampai 3,5 jam.

Manfaat lemak bagi tubuh adalah membantu melindungi dan mengaktifkan sistem kekebalan tubuh, proses produksi testosteron dan estrogen yang baik, dan memainkan peran penting dengan penyerapan gizi seperti vitamin D dan E.

Lantas, berapa batas aman konsumsi lemak? Untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal, batas aman untuk konsumsi lemak adalah sekira 0,8-1 gram per kilogram berat badan yang Anda inginkan.

Misalnya, Anda ingin memiliki berat ideal 50 kg, maka Anda dapat mengonsumsi lemak 50 gram. Jumlah awalnya mungkin terlihat banyak, namun apabila Anda sudah menyesuaikan dengan berapa banyak kalori yang dikonsumsi setiap hari, maka ini merupakan jumlah yang tepat.

Meskipun demikian, untuk mencukupi kebutuhan Anda akan lemak, pilihlah lemak yang sehat yaitu asam lemak Omega-6 ataupun Omega-3. Hal ini karena lemak yang tidak sehat memiliki kandungan kolesterol yang tinggi. ** Baca juga: Depresi Dapat Diminimalisir dengan Rutin Konsumsi Sayur & Buah?

Diketahui, kolestrol tinggi bisa menyebabkan penyumbatan pembuluh darah yang bisa mengakibatkan serangan jantung, stroke, hingga kematian.(ilj/bbs)

Berita Terbaru