oleh

Agar Nutrisi Terpenuhi, Ubah Pola Makan untuk Pekerja yang Super Sibuk

Kabar6-Seorang pelatih kesehatan dan kebugaran bernama Alex Pedley mengatakan, perubahan sekecil apa pun dalam pola makan dapat mengubah kesehatan mental dan fisik seseorang.

Di sisi lain, melansir Standardevening, Pedley menemukan bahwa kalangan profesional dengan kesibukan tingkat tinggi cenderung paling tidak efektif menangani kesehatan mereka sendiri. Dikatakan, mereka lebih suka mengambil jalan pintas atau justru terlalu memaksakan diri.

“Praktik kebugaran yang ditempuh para pekerja profesional sering tidak efektif dan sesuai dengan kebutuhan mereka. Hasilnya, justru tidak baik dan akan ada perasaan kewalahan saat menjalaninya,” ungkap Pedley.

Saat sibuk, waktu makan terkadang terlewati, dan pilihan makanan yang ingin disantap pun sering tidak sehat karena terburu-buru. Hal yang lebih mengkhawatirkan lagi apabila hal ini menjadi kebiasaan. Akumulasi kondisi di atas menyebabkan kenaikan berat badan.

Meskipun begitu, Pedley mengungkapkan ada metode yang lebih mudah untuk mengatur pola makan sehat tanpa mengharuskan seseorang melakukan diet ketat. Metode itu disebut dengan metode ESI yaitu Evaluasi, Struktur dan Implementasi yang diterapkan dalam tiga langkah.

Pertama lakukan evaluasi kebiasaan harian termasuk rutinitas pagi, bagaimana cara bepergian ke kantor, semua rapat, hingga ritual sebelum tidur. Cari tahu kecenderungan gaya hidup yang berlangsung sehari-harinya serta bagaimana Anda bereaksi menghadapi seluruh kesibukan tersebut.

Pada saat yang sama, simpan catatan harian tentang semua yang dimakan termasuk camilan, minuman, dan apa pun yang masuk ke mulut. Ada banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat proses pencatatan jauh lebih mudah.

Dengan informasi dari langkah pertama, Anda dapat mulai mengatur struktur pada pola makan. Tujuannya adalah untuk merencanakan pola makan di tengah kesibukan beraktivitas dari awal.

Ketika sudah dapat membangun struktur kebiasaan, di awal minggu, coba rancangkan daftar makanan yang ingin dimakan selama seminggu ke depan. Perlakuannya sama seperti kita melakukan rencana aktivitas. Terus buat penyesuaian sampai ditemukan solusi diet yang cocok.

Langkah ketiga adalah dengan melakukan penyesuaian dalam daftar menu atau makanan yang ingin dimakan. Langkah selanjutnya, mengganti pilihan makanan tidak sehat dengan pilihan makanan yang baik untuk tubuh.

Pilih santapan yang memasukkan komponen utama seperti sayuran, buah, ikan, kacang-kacangan, minyak zaitun dan legumes ditambah dengan red wine jumlah moderat dan konsumsi sedikit saja daging merah.

Dengan menerapkan 3 langkah ini, Anda akan terbiasa untuk mencari pilihan makanan yang sehat dan sepenuhnya menikmati setiap makanan yang disantap tanpa pusing menghitung kalori yang masuk. ** Baca juga: Ada Kadar Gula Tinggi yang Tersembunyi dalam Makanan & Minuman Ini

Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru