oleh

Ada Kadar Gula Tinggi yang Tersembunyi dalam Makanan & Minuman Ini

Kabar6-Meskipun banyak orang yang telah menyadari pentingnya menghindari makan terlalu banyak gula, tidak semua orang mengetahui bahwa masih banyak sumber gula tersembunyi dalam makanan sehari-hari.

Membaca label yang tertera dalam kemasan produk penting karena jumlah gula akan tercantum dalam bagan nutrisi, dan merupakan cara terbaik untuk mengetahui dengan pasti berapa banyak gula yang terkandung dalam makanan.

Seorang ahli gizi bernama Kim Pearson, melansir Womantalk, menjelaskan di mana saja sumber gula tersembunyi yang paling umum dan patut diwaspadai. Apa sajakah itu?

1. Saus
Untuk saus, Kim menyarankan membuat sendiri sehingga Anda tahu persis apa yang dimakan. Meskipun tidak semua, beberapa saus yang sering digunakan untuk menumis seringkali menambahkan gula sebagai pemanis. Sebotol saus cabai manis, misalnya, mengandung lebih dari sepertiga gula.

2. Sereal
Banyak orang tidak menyadari sereal mengandung begitu banyak gula, terutama pada sereal rasa cokelat atau madu yang terdengarnya ‘lebih sehat.’ Jika ingin sarapan sehat, memulailah dengan makanan berbasis protein dan sayuran seperti telur dan alpukat dengan bayam atau smoothie protein.

Makanan seperti ini akan memberi energi yang dilepaskan secara lambat dan mencegah gula darah turun drastis di pagi hari. Hindari juga snack bar berbasis buah, kacang, dan sereal (oat) yang sering disebut sebagai alternatif camilan sehat pengganti cokelat, padahal sebenarnya kadar gulanya bisa sangat tinggi.

Banyak snack bar mengandung madu, gula merah, sirup fruktosa atau sirup jagung. Bahkan beberapa dilapisi yoghurt atau cokelat yang selanjutnya meningkatkan kandungan gula. Snack bar biasanya terbuat dari buah kering yang kadar gula lebih tinggi dari buah segar.

3. Buah kering
Buah kering jangan dianggap sebagai pengganti buah segar. Meskipun memang ukurannya menyusut, buah kering justru mengonsentrasikan kandungan gula. Jadi batasi porsi buah kering dan campur dengan kacang sebagai suplai lemak sehat dalam tubuh.

4. Soft drink
Minuman ringan sebenarnya sumber gula terbesar yang sering diabaikan. Cobalah menukar minuman ringan bergula dengan infused water yang mencampur buah-buahan segar dengan mint dan lemon.

Alternatif lain pengganti soft drinks juga bisa teh hijau dingin dari rumah. Celup beberapa kantong teh hijau semalaman sehingga persediaan untuk keesokan hari cukup. Atau mencoba teh herbal atau buah untuk menghangatkan tubuh saat cuaca mulai dingin.

5. Minuman beralkohol
Alkohol adalah faktor lain yang mudah dilupakan ketika mencoba mengurangi asupan gula mereka. Padahal minuman mengandung alkohol seperti koktail atau minuman campuran, bahkan soda sari buah apel sebaiknya dijauhi. ** Baca juga: Sifat Optimis & Pesimis Pengaruhi Pola Tidur

Teliti lagi kadar gula pada makanan atau minuman yang akan Anda konsumsi.(ilj/bbs)

Berita Terbaru