oleh

Pilot Kehilangan Paspor, Penerbangan Delay 11 Jam

Kabar6-Paspor adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pejabat berwenang dari suatu negara, memuat identitas pemegangnya dan berlaku untuk melakukan perjalanan antarnegara.

Paspor berisi biodata pemegangnya yang meliputi antara lain foto pemegang, tanda tangan, tempat dan tanggal kelahiran, informasi kebangsaan dan kadang-kadang juga beberapa informasi lain mengenai identifikasi individual.

Karena itulah paspor menjadi salah satu benda terpenting saat Anda melakukan perjalanan ke luar negeri. Nah, gara-gara paspor pula, sebuah maskapai mengalami delay selama 11 jam.

Bagaimana hal ini bisa terjadi? Melansir businessinsider, kejadian ini dialami oleh maskapai penerbangan bertarif rendah (LCC) asal Korea Selatan bernama T’Way Air. Pilot maskapai T’Way Air dengan nomor penerbangan TW122 dijadwalkan melakukan penerbangan malam pukul 22.35 waktu setempat, melalui rute penerbangan Ho Chi Minh City, Vietnam ke Incheon, Korea Selatan.

Nahas, akibat kehilangan paspor, pilot pun tidak mendapatkan akses masuk ke bandara sehingga tidak bisa menerbangkan pesawat. Akibatnya, penerbangan jadi tertunda. Sekira 160 penumpang T’Way Air pun harus tertahan di bandara Vietnam untuk menunggu pihak maskapai mendapatkan paspor pengganti pilot tersebut.

Apesnya lagi, jadwal penerbangan yang sudah larut membuat maskapai tersebut tak bisa menemukan pilot pengganti dalam waktu cepat. Alhasil, para penumpang harus menanti sekira 11 jam lamanya sebelum akhirnya diterbangkan keesokan harinya pada pukul 9.40 waktu setempat.

Pihak maskapai T’Way Air mengungkapkan tengah menyelidiki insiden tersebut, dan bagaimana pilot bisa kehilangan paspor miliknya saat hendak melakukan penerbangan.

“Kami sedang meninjau tindakan kedisiplinan untuk pilot. Kami juga sedang melakukan negosiasi untuk kompensasi dengan penumpang,” demikian keterangan pihak maskapai dalam sebuah pernyataan.

Pihak maskapai T’Way Air mengatakan telah memberikan kompensasi berupa kamar hotel untuk para penumpang yang terpaksa menunggu selama itu serta menyediakan sarapan pagi mereka. ** Baca juga: Troli Belanja Jadi Senjata Agar Orang Kapok Parkir Sembarangan

Mungkin pilot tadi terburu-buru hingga lupa membawa paspor.(ilj/bbs)

Berita Terbaru