oleh

Sering Nangis Tiba-tiba Ternyata Ada Penyebabnya

Kabar6-Setiap orang mungkin pernah berada dalam satu kondisi ingin menangis, tetapi tidak tahu apa penyebabnya. Padahal suasana hati sedang baik-baik. Bagaimana kondisi ini bisa terjadi? Apa penyebabnya?

Menangis tiba-tiba tanpa alasan yang jelas, melansir Womantalk, bisa menjadi tanda adanya gangguan pada kesehatan Anda. APa sajakah itu?

1. Stres
Seringkali kita merasa stres, entah karena pekerjaan atau masalah percintaan, sehingga merasa ingin menangis. Hal ini terjadi karena kita sedang meminta dukungan dari orang lain. Cara yang bisa Anda lakukan adalah coba tarik napas dalam-dalam, dan keluarkan secara perlahan supaya bisa lebih rileks.

2. Depresi
Rasa stres yang tidak hilang bisa berubah menjadi depresi. Kondisi ini tidak hanya membuat Anda ingin menangis, tetapi bisa kehilangan nafsu makan, suasana hati memburuk, kesulitan tidur, dan mudah lelah.

Bila Anda memang ingin menangis, lebih baik jangan ditahan perasaan tersebut agar merasa lebih rileks. Menangis kadang bisa membantu kita untuk lebih tenang. Namun, bila perasaan tersebut tidak hilang, lebih baik konsultasikan pada dokter atau para ahli untuk mendapatkan pengobatan.

3. Gangguan kecemasan
Setiap orang bisa merasa gugup dan cemas. Namun, orang yang mengalami gangguan kecemasan biasanya lebih sering khawatir setiap hari, mudah tersinggung, sulit konsentrasi, dan juga mengalami ketegangan otot.

Rasa cemas ini yang bisa membuat tubuh merespon dengan tangisan. Coba tarik napas dalam-dalam dan keluarkan secara perlahan supaya Anda merasa lebih rileks. ** Baca juga: Hidrasi Tubuh Usai Olahraga Lari dengan 5 Minuman Sehat

4. Gejala PMS
Gejala PMS (Premenstrual Syndrome) sering dialami kaum hawa, yang akhirnya membuat mereka mudah tersinggung dan berubah suasana hatinya. Gejala PMS membuat kadar estrogen dan progesteron jadi tidak seimbang sehingga mempengaruhi suasana hati. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengonsumsi makanan tinggi besi supaya gejala PMS ini bisa berkurang.

Kenali dulu apa yang membuat Anda mendadak ingin menangis agar dapat segera dicari solusinya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru