oleh

Warga di Cirendeu Tangsel Cemas Tebing Rawan Longsor

Kabar6-Tebing sekitar 119 meter di bantaran Kali Pesanggrahan rawan longsor. Warga di Jalan Lembah 1, Cirendeu, Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) itupun menagih janji Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC).

“Karena memang sampai saat ini, hampir setahun kurang lebih belum ada realisasinya,” kata Ketua RT 04/06, Achyarudin kepada wartawan, Kamis (4/8/2022).

Kondisi tebing, menurutnya, sudah terlihat retak-retak sehingga rawan longsor. Bila terjadi pergerakan tanah maka dikhawatirkan jalan ambles hingga akses warga terputus.

Achyarudin bilang, dinas sumber daya air setempat pernah datang membawa bronjong. Namun pekerjaan urung dilaksanakan karena bukan kewenangan organisasi perangkat daerah tersebut.

“BBWSCC pernah ke sini waktu 2021, sehabis kejadian longsor dia ke sini. Kalo longsor ada 6 titik, tapi yang rawan longsor sekitar panjangnya sekitar 119 meter. Dengan kedalaman dari 9 hingga 24 meter,” ujarnya.

**Baca juga: Pemkot Tangsel Gelar Lari Maraton, Nomor 3 Kilometer Khusus Disabilitas

Selain longsor juga ada banjir yang rutin merendam sekitar 14 rumah. Adapun genangan banjir mulai dari 80 centimeter hingga 1,5 meter.

“Surut cepet sih tergantung kalinya. Harapan kita minta ini diturap, dibikin pintu air agar air bisa ditutup paling tidak bisa ditahan dulu. Kalinya dikeruk atau paling tidak diturap lah. Kalau ini punya balai besar,” tegas Achyarudin.(yud)