oleh

Saat Stres, Ada 5 Hal yang Terjadi pada Tubuh

Kabar6-Stres yang berlebihan diketahui dapat menyebabkan depresi, bahkan gangguan kejiwaan. Kondisi ini pun bisa menyebabkan berkurangnya daya tahan tubuh, sehingga menimbulkan berbagai penyakit lainnya.

Nah, pembuluh darah yang terganggu akan mempengaruhi kinerja jaringan pada bagian kepala, sistem pencernaan, dan juga pernapasan. Melansir Okezone, ini dia beberapa efek yang ditimbulkan karena stres pada bagian tubuh:

1. Nyeri otot
Nyeri yang terlalu sering dan berlebihan, terjadi pada seluruh tubuh yang sangat mengganggu Anda saat ingin beristirahat. Masalahnya adalah rasa sakit itu sering menyamar seolah-olah disebabkan oleh hal-hal yang Anda lakukan.

Seringkali terjadi setelah berdiri dengan waktu yang lama, atau dengan banyaknya aktivitas, jadi tidak banyak yang mengira hal ini juga disebabkan karena rasa stres yang berlebih. Tetapi rasa nyeri yang terjadi karena stres biasanya akan terjadi pada bagian punggung, rahang, dan bahkan dapat memicu sakit kepala karena semua ketegangan otot.

Menurut American Institute of Stress, ketika tubuh sedang mengalami keadaan tegang yang berlebih, semua akan masuk ke dalam otot-otot tubuh hingga akhirnya Anda merasakan nyeri.

2. Pernapasan
Stres dapat menekan dan memblokir dinding tenggorokan, sehingga membatasi oksigen untuk masuk ke tubuh yang nantinya justru menyebabkan sesak napas. Atau ada juga yang bisa mengalami pernapasan lebih cepat dari biasanya.

3. Masalah pada jantung                                                                                                                                                                Stres berulang dan berkepanjangan sebenarnya dapat menyebabkan radang arteri koroner dan yang benar-benar dapat memicu serangan jantung. Dan kondisi ini bisa melemahkan fungsi jantung itu sendiri.

Jika detak jantung Anda meningkat setelah melakukan kegiatan untuk kebugaran tubuh itu adalah hal baik. Tetapi jika Anda sedang mengalami stres lalu tekanan jantung akan berlebih dan terjadi setiap saat, maka hati tidak bisa menerimanya.

4. Gula darah tak seimbang                                                                                                                                                   Beratnya aktivitas atau tuntutan kehidupan yang Anda jalani menyebabkan munculnya stres yang berulang. Hati Anda mencoba untuk mengikuti hormon stres dengan melepaskan lebih banyak glukosa, biasanya diperlukan untuk memberi energi respons melawan atau lari yang terkait dengan stres, tetapi seiring waktu semuanya menjadi terlalu banyak dan kadar gula darah Anda mulai meningkat.

5. Masalah perut                                                                                                                                                                              Stres berlebihan dapat menyebabkan gangguan perut yang berkaitan dengan naiknya kadar asam di area lambung. Jika stres sudah cukup buruk, mual hingga muntah biasanya akan terjadi karena stres dapat mengubah penyerapan nutrisi bisa berkurang. ** Baca juga: 6 Tanda Depresi yang Sering Tidak Disadari

Pernahkah Anda merasakan hal-hal seperti ini? (ilj/bbs)

Berita Terbaru