oleh

Ini Lho 5 Negara yang Legalkan Ganja

Kabar6-Ganja atau mariyuana berasal dari tanaman bernama Cannabis sativa. Tanaman satu ini memiliki 100 bahan kimia berbeda yang disebut dengan cannabinoid. Masing-masing bahannya memiliki efek berbeda pada tubuh.

Disebut juga sebagai obat depresan karena ganja dapat mempengaruhi sistem saraf dan menyebabkan perubahan suasana hati. Penggunaan ganja memang cukup kontroversial. Keberadaannya pun dianggap ilegal dan termasuk ke dalam obat-obatan terlarang.

Namun tahukah Anda, di lima negara ini ganja diperbolehkan atau legal, lho. Melansir beberapa sumber, ini lima negara yang dimaksud:

1. Belanda
Belanda termasuk salah satu negara yang melegalkan ganja. Bahkan ganja bisa dibeli dan dikonsumsi bebas di coffee shop. Ganha di Negeri Kincir Angin ini termasuk dalam golongan narkotika ringan yang diperbolehkan dikonsumsi. Mereka bisa mengonsumsi ganja dalam jumlah terbatas.

2. Amerika Serikat
Di Amerika Serikat, hanya ada dua wilayah yang melegalkan ganja yakni di negara bagian Colorado dan Washington. Di Colorado, ganja dilegalkan untuk konsumsi pribadi dengan syarat penggunanya berusia 21 tahun ke atas. Sementara di Washington, ganja dilegalkan dengan aturan kepemilikan maksimal 28 gram.

3. Uruguay
Uruguay menjadi negara pertama di dunia yang melegalkan ganja untuk tujuan rekreasional. Bahkan mereka bebas menanam dan menggunakan ganja di mana saja. Namun, pengguna harus mendaftarkan diri ke pemerintah guna memastikan tidak mengonsumsi ganja lebih dari 40 gram per bulannya.

4. Australia
Bagi warga Australia yang tinggal di negara bagian Northern Territory, Capital Territory, Australia Selatan dan Australia Barat bisa bebas mengonsumsi ganja dalam jumlah kecil. Namun di luar negara bagian tersebut, penggunaan ganja tetap ilegal atau dilarang.

5. Spanyol
Warga Spanyol bisa mengonsumsi dan menanam ganja untuk keperluan pribadi. Namun memperjualbelikan ganja menjadi hal yang ilegal atau dilarang. ** Baca juga: Tak Manusiawi, di India Mayat-mayat Korban COVID-19 Dibuang dengan Buldoser

Hmm…bagaimana menurut Anda?(ilj/bbs)

Berita Terbaru