oleh

Ikuti Cara Konsumsi Vitamin C yang Benar

Kabar6-Vitamin C bersifat larut dalam air. Manfaat vitamin C sangat beragam, mulai dari menjaga kelenturan kulit hingga sistem kekebalan tubuh. Sayangnya, tubuh manusia tidak bisa menyimpan vitamin larut air ini, sehingga tiap orang perlu memenuhi kebutuhan vitamin C setiap hari.

Makanan mengandung vitamin C paling banyak ditemukan dalam buah dan sayuran. Beberapa sumber vitamin C di antaranya jeruk, paprika, stroberi, brokoli, sampai kentang. Ahli menyarankan agar Anda mengonsumsi lima porsi buah dan sayur setiap hari kebutuhan vitamin dan mineralnya terpenuhi.

Lantas, bagaimana mengonsumsi vitamin C yang benar? Vitamin C memang lebih populer dibanding vitamin lainnya karena sangat mudah ditemukan dalam berbagai jenis sumber makanan. Hampir semua buah, sayur, kacang-kacangan mengandung vitamin C. Karena mudah ditemukan itu, vitamin C paling mudah dikenali dan didapatkan.

Sayangnya, melansir Aura, masih banyak yang salah kaprah perihal cara mengonsumsi vitamin C. Dikeahui, vitamin C adalah jenis vitamin yang mudah rusak jika terpapar oleh panas, cahaya, dan logam. Jadi, begitu terkena proses masak dan pemanasan, maka vitamin C akan hilang. Karena itulah, apabila Anda minum jus kemasan, sebenarnya kandungannya hanya air dan mineral, sedangkan kandungan vitamin C-nya sudah habis.

Tidak heran apabila ada orang merasa sudah banyak mengonsumsi buah, tetapi daya tahan tubuhnya tetap tidak bagus. Kemungkinan cara dia mengonsumsi buah salah. Untuk mendapatkan vitamin C dalam kondisi terbaik, Anda disrankan mengonsumsi buah dan sayuran dalam kondisi mentah, tidak melalui proses pemasakan yang terlalu lama.

Sementara itu, suplementasi menjadi salah satu cara agar tubuh mendapat asupan vitamin C yang cukup. Ketika minum suplemen, berarti vitamin C yang Anda konsumsi masih utuh. ** Baca juga: Berapa Lama Waktu Bermain Video Game yang Ideal untuk Anak?

Suplemen vitamin C tambahan dibutuhkan ketika seseorang dalam kondisi tidak bugar. Dalam kondisi kesehatan yang menurun, boleh diberikan vitamin C dengan dosis lebih tinggi dari kebutuhan harian, sebanyak 90 hingga 100 mg per hari.

Tetapi dalam kondisi biasa, kebutuhan akan vitamin C sebaiknya hanya didapatkan dari asupan makanan. Satu buah jeruk bisa mengandung hingga 50 mg vitamin C. Jadi, dua buah jeruk dalam sehari sebenarnya sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin C.(ilj/bbs)

Berita Terbaru