oleh

Sejumlah Buah yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Secara Berlebihan Saat Diet

Kabar6-Saat menjalankan program diet, buah merupakan salah satu menu wajib selain sayur, yang harus tersedia di meja makan. Kandungan nutrisi dalam membantu Anda makin bugar dan terhindar dari risiko penyakit.

Sayangnya, tidak semua jenis buah cocok untuk menurunkan berat badan, lho. Melansir Beautynesia, berikut sejumlah buah yang apabila dikonsumsi secara berlebihan justru akan membuat berat badan naik. Buah apa saja yang dimaksud?

1. Mangga
Merupakan buah dengan kandungan serat serta vitamin C yang lumayan tinggi. Namun, bukan berarti hal ini bikin Anda boleh makan mangga setiap hari untuk diet.

Hal ini karena kandungan gula dalam mangga lumayan tinggi. Memakannya secara berlebihan setiap hari bisa bikin gula darah naik secara cepat.

2. Pisang
Buah ini sebenarnya bagus untuk diet, dengan catatan, dimakan secukupnya saja. Mengonsumsi pisang secara berlebihan bisa membuat tubuh ‘mengembang’. Hal ini karena pisang tinggi kalori. Bila dihitung, satu buah pisang setara dengan 180 kalori.

3. Alpukat
Lemak jenuh sehat yang terkandung dalam alpukat membuatnya sering dijadikan menu diet. Alpukat menjadi substitusi susu, di mana susu sering dihindari mereka yang menurunkan berat badan.

Namun mengonsumsi alpukat secara berlebihan membuat berat badan justru naik, karena kalori dalam buah itu terbukti lumayan tinggi. ** Baca juga: Penting untuk Bersihkan Lubang Hidung Secara Rutin

4. Durian
Sangat tidak disarankan makan buah durian ketika sedang program diet. Ini karena durian memiliki kalori yang lumayan tinggi, yaitu sekira 160 kalori per 100 gram. Selain kalori, durian juga mengandung lemak jenuh dan karbohidrat yang lumayan tinggi.

5. Kismis
Siapa sangka, di balik bentuknya yang kecil, kismis mengandung 460 kalori. Jadi, hindari buah kismis, terutama ketika dijadikan topping untuk kue.

Ya, kue sendiri sudah memiliki kandungan kalori yang tinggi. Bisa dibayangkan kalau Anda menyantap satu potong kue kismis, berapa total kalori yang masuk ke tubuh.

Sesuatu yang berlebihan memang tidak baik untuk kesehatan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru