oleh

Agar Puasa Jadi Maksimal, Perhatikan Menu Sahur Anda

Kabar6-Agar tetap sehat selama menjalankan ibadah puasa selama hampir sebulan, Anda harus memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi pada saat sahur maupun berbuka puasa. Hal ini karena selama hampir 14 jam tubuh kita tidak mendapatkan pasokan makanan.

Jadi, maka kuncinya adalah mengatur asupan makanan yang kita konsumsi pada saat sahur. Melansir beberapa sumber, berikut jenis menu sehat sahur yang wajib diperhatikan agar puasa menjadi lebih maksimal:

1. Air putih
Saat sahur, pastikan Anda banyak minum air putih agar tubuh tetap terhidrasi meski puasa seharian.

2. Karbohidrat kompleks dan serat
Konsumsi makanan yang dapat menimbulkan efek kenyang lebih lama saat sahur, makanan yang mengandung karbohidrat kompleks serta makanan dengan kandungan serat yang tinggi.

Makanan tinggi serat dapat mengatur pelepasan energi secara perlahan. Nasi merah dan roti gandum adalah contoh yang cukup bagus.

3. Perhatikan komposisi nutrisi
Usahakan mengandung empat sehat lima sempurna. Menu santap sahur harus memenuhi semua vitamin, mineral dan zat gizi lainnya.

Jadi selain nasi, sayuran, juga harus ada daging atau penggantinya seperti tahu, tempe dan juga susu atau buah-buahan sebagai pelengkap.

4. Buah dan sayuran
Masakan seperti tumis sayuran, sup sayuran atau sejenisnya sangat baik untuk dikonsumsi saat sahur. Selain itu, buah-buahan juga sangat penting untuk dikonsumsi saat sahur.

5. Konsumsi daging atau penggantinya
Konsumsi daging saat sahur sangat dianjurkan karena makanan berupa daging-dagingan diperlukan oleh tubuh saat berpuasa. Namun Anda bisa mengganti daging dengan tahu, tempe atau ikan.

6. Makanan yang mengandung protein
Protein sangat diperlukan tubuh saat berpuasa karena bisa berperan sebagai energi cadangan. Makanan kaya protein tepat dijadikan sebagai pilihan utama untuk menu sehat praktis sahur karena merupakan jenis makanan yang dapat memberikan energi secara konstan.

Apabila Anda mengonsumsi protein, tubuh akan memecahnya menjadi asam amino yang diperlukan oleh otot dan darah. Daging, telur, ikan, dan kacang-kacangan adalah sumber protein yang baik.

7. Makanan yang mengandung zat besi
Selama berpuasa tubuh akan kekurangan zat besi secara signifikan. Ini merupakan masalah besar bagi orang dengan riwayat penyakit anemia atau kurang darah.

Jadi, penting untuk mengonsumsi makanan-makanan sumber zat besi tinggi seperti hati ayam, sayur bayam dan sayur daun singkong. ** Baca juga: Bagaimana Atasi Lemas Selama Berpuasa?

8. Makanan yang mengandung magnesium dan potassium
Magnesium bermanfaat sebagai protein yang menawarkan cadangan energi secara berkesinambungan pada tubuh. Untuk memenuhi kebutuhan kalium dan magnesium bisa didapat dari buah jeruk dan buah pisang.

9. Susu
Susu merupakan minuman sehat dengan kandungan gizi yang sangat banyak, mulai dari vitamin hingga berbagai macam mineral. Susu juga merupakan sumber kalsium yang tinggi baik untuk menjaga kesehatan tulang.

10. Kacang-kacangan dan ikan
Kacang-kacangan merupakan sumber nutrisi yang baik, mengandung protein tinggi serta lemak baik yang dibutuhkan tubuh. Begitu juga dengan ikan berbagai jenis ikan meskipun murah mengandung asam lemak omega-3 dan 6 yang sangat baik untuk otak.

Sudah sehatkah menu sahur Anda?(ilj/bbs)

Berita Terbaru