oleh

Puasa Sehat Tanpa Takut Kekurangan Nutrisi

Kabar6-Selama menjalankan ibadah puasa selama lebih dari 12 jam, bukan tidak mungkin tubuh akan mengalami perubahan kebiasaan, salah satunya adalah rasa lapar yang sering datang di siang hari.

Tubuh pun akan jadi lemas, sehingga membuat Anda jadi malas beraktivitas. Bagaimana solusinya? Melansir beberapa sumber, ada sejumlah cara yang dapat dilakukan agar Anda tetap dapat berpuasa dengan pola yang sehat, tanpa takut kekurangan nutrisi. Apa sajakah itu?

1. Perbanyak konsumsi sayuran
Saat sahur, pilih menu berupa sayuran berkuah seperti sup atau bayam. Sayuran kaya akan nutrisi yang akan memberikan energi tambahan selama puasa, sehingga Anda tidak mudah merasa lapar dan haus sebelum waktu berbuka tiba.

2. Perbanyak minum air putih dan kurangi kafein
Saat puasa, tubuh akan kehilangan banyak cairan. Namun, orang sering lupa untuk memenuhinya kembali saat berbuka. Padahal, asupan cairan juga penting untuk mencegah tubuh dehidrasi.

Anda harus tetap minum minimal delapan gelas setiap harinya. Caranya, tiga gelas saat sahur dan berbuka, dan dua gelas sebelum tidur.

Selain itu, kurangi konsumsi kopi karena kandungan kafein pada kopi akan membuat Anda lebih mudah haus. Tak hanya itu, saat minum kopi, jantung akan bekerja lebih keras daripada biasanya, sehingga Anda akan susah tidur. Pada akhirnya, Anda justru akan kelelahan karena kurang tidur.

3. Konsumsi buah-buahan
Tak hanya sayuran, Anda juga perlu mengonsumsi buah-buahan. Pisang adalah salah satu yang bisa dikonsumsi saat sahur, karena kaya akan karbohidrat dan serat yang akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

4. Konsumsi vitamin
Selama menjalankan ibadah puasa, tidak ada salahnya Anda menyiapkan vitamin, seperti vitamin B12 dan C. Kedua vitamin ini akan membantu memperkuat daya tahan tubuh sekaligus sebagai penambah energi.

Seorang pakar kesehatan asal Oxford bernama dr. Razeen Mahroof mengatakan, kebutuhan vitamin pada tubuh tetap harus diperhatikan selama berpuasa, agar kesehatan tetap terjaga.

5. Berbuka dengan yang manis
Awali waktu buka dengan meminum teh tawar atau air putih hangat untuk membasahi lambung, sehingga siap bekerja kembali. Makanan manis memang dianjurkan untuk menu berbuka, karena tubuh memerlukan asupan gula untuk mengganti gula darah yang terpakai selama Anda berpuasa.

Meski begitu, agar kalorinya tidak bertumpuk, jangan berlebihan juga dalam konsumsi makanan manis. ** Baca juga: Perhatikan 4 Tanda Masalah Pencernaan yang Seringkali Diabaikan

Selamat berpuasa.(ilj/bbs)

Berita Terbaru