oleh

Sering Flu Jelang Haid, Ini Penyebabnya

Kabar6-Ada banyak hal yang dirasakan kaum hawa menjelang haid, atau biasa disebut Pre Menstrual Syndrome (PMS). Mulai dari mood yang berubah-ubah, selalu lapar, hingga yang sering tidak disadari adalah mudah sakit flu.

Ya, sakit flu menjelang haid itu nyata dan bukan sugesti semata. Apabila Anda berpikir flu yang diderita akibat tertular dari orang lain, flu yang sering terjadi menjelang haid tidak seperti itu. Meskipun gejala yang dirasakan sangat mirip dengan flu pada umumnya, yaitu rasa lemas, kedinginan, lebih lelah dari biasanya, nyeri otot, mual, dan bahkan disertai muntah.

Menurut ahli, melansir Womantalk, gejala flu yang didapatkan sebelum menstruasi berkaitan dengan tubuh Anda, yaitu saat prostaglandin (struktur kimia yang menyerupai hormon yang dibutuhkan dalam sistem reproduksi) yang dilepaskan sebelum tamu bulanan itu dimulai. Nah, prostaglandin itulah yang menjadi penyebab gejala flu haid Anda.

Berbeda dengan flu biasa, saat menderita flu PMS ini Anda sebenarnya tidak memerlukan suntikan flu. Namun apabila Anda khawatir, sebaiknya kunjungi dokter untuk mendapatkan saran langsung dari mereka. ** Baca juga: Kerja dari Rumah Selama Pandemi COVID-19, Bagaimana Efeknya Terhadap Berat Badan?

Hal yang harus diingat, setiap kali merasa ada yang tidak beres dengan tubuh Anda, wajib berkonsultasi dengan dokter. Apakah itu flu menjelang haid, flu biasa, atau flu tanda dari penyakit serius, sebaiknya hubungi dokter untuk memastikannya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru