oleh

Jelang Menstruasi Wanita Suka Marah-marah, Apa Penyebabnya?

Kabar6-Biasanya lima hingga tujuh hari sebelum masa menstruasi, atau yang disebut dengan PMS (Pre Menstrual Syndrome), kaum hawa mengalami perubahan suasana hati, nyeri payudara, kembung, jerawat, mengidam makanan tertentu, rasa lapar dan haus yang meningkat, dan juga kelelahan.

Selain PMS, beberapa wanita juga kerap mengalami PMDD yaitu Premenstrual Dysphoric Disorder. PMDD memiliki gejala yang lebih emosional seperti perubahan suasana hati, lekas marah, depresi, rasa kelelahan berlebih, dan ingin menghindari kegiatan sosial rutinnya.

Mengapa jelang menstruasi wanita gampang marah? Para ilmuwan masih mencari tahu penyebab PMS yang dialami para wanita. ** Baca juga: Sulit Tidur, Mungkin Anda Kekurangan 7 Vitamin Harian

Namun fakta sementara, melansir dokter.id, yaitu selama paruh kedua siklus menstruasi, kadar progesteron (hormon wanita) meningkat. Tepat sebelum haid tiba, kadar progesteron dan esterogen (hormon wanita lainnya) turun. Perubahan kadar hormon inilah yang diyakini sebagai penyebab dari PMS dan PMDD tersebut.

Nah, bagaimana cara menghadapi pasangan yang sedang PMS? Langkah pertama adalah ‘dengarkan dia’. PMS bikin suasana hati tidak keruan. Jadi, Anda hanya perlu mendengarkan apa yang menjadi unek-uneknya.

Selanjutnya adalah bersabar. Perubahan emosi dia hanya sementara dan bukan karena keinginannya. Bahkan beberapa wanita tidak tahu kalau sikapnya bisa sangat emosi dan berlebihan. Terakhir adalah tetap ada di sampingnya dan siap sedia saat dia membutuhkan bantuan.

Mudah, bukan?(ilj/bbs)

Berita Terbaru