oleh

Selain Gula, Ada Penyebab Lain yang Bikin Tubuh Cepat Gemuk

Kabar6-Setiap orang tentu saja ingin memiliki berat tubuh ideal. Bukan hanya soal penampilan, berat tubuh ideal juga menjaga sekaligus menghindari Anda dari berbagai masalah kesehatan seperti diabetes, jantung, kolesterol, dan stroke.

Sayangnya, saat Anda sudah berusaha semaksima mungkin, berat badan ternyata tidak kunjung turun. Rupanya selain dipengaruhi oleh pola makan, melansir idntimes, ada juga faktor lainnya yang menyebabkan tubuh mudah gemuk. Apa saja faktor yang dimaksud?

1. Konsumsi asupan gula berlebihan
Sering mengonsumsi makanan dan minuman manis seperti permen, kue, soda, dan sejenisnya, dapat dengan cepat meningkatkan berat badan, karena gula yang biasa digunakan sebagai pemanis mengandung kalori tinggi dan hampir tidak memiliki nilai gizi.

Menurut U.S National Library of Medicine, asupan gula tidak hanya berkaitan dengan penambahan berat badan, tetapi juga peningkatan risiko masalah kesehatan kronis, seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

2. Sering stres
Tingginya hormon kortisol telah terbukti dapat meningkatkan rasa lapar dan keinginan untuk mengonsumsi makanan enak dan padat kalori yang dapat menyebabkan peningkatan berat badan.

Penelitian yang dipublikasikan dalam U.S National Library of Medicine menunjukkan, orang dengan obesitas memiliki kadar kortisol yang lebih tinggi daripada mereka yang tidak stres. Untuk mengurangi stres, Anda bisa melakukan rileksasi secara rutin seperti yoga, meditasi, dan berjalan-jalan di alam terbuka.

3. Gaya hidup yang tidak aktif
Malas bergerak merupakan salah satu penyebab umum meningkatnya berat badan dan penyakit kronis. Sebuah studi pada 464 orang dengan obesitas dan kelebihan berat badan menemukan, rata-rata waktu duduk harian mereka adalah 6,2 jam pada hari kerja dan enam jam pada hari tidak bekerja.

Studi lain yang dilakukan selama tiga bulan menunjukkan, mengganti satu jam waktu duduk dengan satu jam berdiri setiap harinya dapat mengurangi massa lemak total dan lingkar pinggang sekaligus meningkatkan massa otot tanpa lemak.

4. Kebiasaan mengonsumsi makanan olahan
Makanan yang mengalami proses pengolahan tinggi seperti sereal manis, makanan cepat saji, dan berbagai macam makanan ringan, telah mengalami penambahan banyak bahan yang tidak sehat, seperti gula, penguat rasa, pengawet, dan lemak tidak sehat.

Selain itu, proses pengolahan juga dapat melipatgandakan jumlah kalori dan mengurangi nutrisi penting, seperti protein dan serat yang membantu tubuh merasa kenyang lebih lama.

Ditambah lagi, sejumlah bahan pada makanan olahan, seperti gula dan penguat rasa juga dapat memberikan efek ketagihan yang membuat Anda selalu ingin mengonsumsi makanan tersebut. ** Baca juga: Sejumlah Hal yang Sering Bikin Tubuh Terasa Lelah

5. Tidak cukup tidur
Tidur sangat penting untuk menjaga kesehatan. Kurang tidur ternyata dapat memicu penambahan berat badan. Menurut Macedonian Journal of Medical Science, sebuah studi yang dilakukan pada 92 wanita menunjukkan, mereka yang tidur kurang dari enam jam setiap hari memiliki indeks massa tubuh tertinggi, dan tingkat visfatin atau protein yang disekresikan oleh sel-sel lemak lebih tinggi dibandingkan wanita yang tidur enam jam atau lebih per hari.

Jadi teliti lagi apa penyebab berat badan Anda susah turun.(ilj/bbs)

Berita Terbaru