oleh

Sejumlah Hal yang Sering Bikin Tubuh Terasa Lelah

Kabar6-Pernahkah Anda merasa lelah dan selalu ingin rebahan atau tidur sepanjang waktu? Mungkin kondisi ini dialami karena Anda melakukan kegiatan yang menguras energi sejak pagi hingga petang.

Namun, bagaimana jika Anda selalu merasa lelah padahal tidak melakukan aktivitas yang berat? Ada beberapa alasan, melansir huffpost, yang membuat Anda sering merasa lelah. Alasan pertama adalah Anda kurang tidur sehingga merasa lelah setiap saat. Faktanya, banyak anak muda yang merasa kurang tidur, demi hidup di zaman yang serba cepat. Coba luangkan waktu Anda untuk mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas

Kemudian, amati gaya hidup yang Anda jalani saat ini. Mungkin Anda kurang berolahraga dan sedikit mengonsumsi makanan sehat. Berbagai penelitian mengungkapkan, olahraga dan pola makan sehat dapat membuat tidur lebih nyenyak. Jadi, terapkan kembali gaya hidup sehat dengan berolahraga dan mengonsumsi makanan bergizi.

Penyebab lain adalah efek sirkadian pada tubuh. Sebenarnya, seseorang memiliki jam tubuh alami saat ia merasakan penurunan energi. Jam tersebut adalah antara pukul 14.00 sampai dengan pukul 16.00, baik pagi maupun sore hari.

Jika merasa lelah dan mengantuk antara jam tersebut, terutama di siang hari, ingat kalau ini bukan selalu karena efek makan siang, melainkan efek sirkadian tubuh. Setiap sel dalam tubuh memiliki jam molekul kecil dan melalui ritmenya sendiri.

Gangguan tidur seperti sleep apnea dan insomnia bisa membuat Anda merasa lelah di siang hari karena tidak dapat tidur malam hari. Terkadang, rasa lelah dapat menjadi gejala dari penyakit tertentu.

Lalu, penyakit seperti apa yang memiliki gejala kelelahan? Depresi merupakan salah satu penyakit yang memiliki gejala kelelahan. Gangguan tiroid juga ditunjukkan dengan gejala rasa lelah.

Selain itu, penyakit neurodegeneratif pun memiliki gejala rasa lelah karena sebagian area otak mengalami degenerasi, terutama pada bagian yang mengendalikan tidur dan bangun. ** Baca juga: Berat Badan Gampang Naik Bisa Jadi Karena 5 Kebiasaan di Pagi Hari

Coba amati lagi pola hidup Anda selama beberapa waktu ke belakang. Jangan pernah mengabaikan rasa lelah yang membuat Anda ingin selalu rebahan. Jika masih ragu, segera datang ke dokter untuk berkonsultasi.(ilj/bbs)

Berita Terbaru