oleh

Sejumlah Rempah-rempah Ternyata Bisa Bantu Anda Turunkan Berat Badan

Kabar6-Rempah-rempah merupakan bagian tumbuhan yang beraroma dan berasa kuat, biasa digunakan sebagai penambah rasa makanan. Jenis rempah-rempah khas Indonesia sangatlah beragam. Bentuk, citarasa, dan aroma dari setiap jenis rempah tersebut juga berbeda-beda.

Saat ini, rempah-rempah Indonesia banyak digunakan sebagai produk obat tradisional, produk kecantikan, farmasi, bumbu masakan, parfum, sabun dan masih banyak lagi. Selain itu, melansir Livestrong, sejumlah rempah-rempah ternyata bisa bantu Anda menurunkan berat badan, lho. Ini jenis rempah-rempah yang dimaksud:

1. Fenugreek
Jika Anda sedang ingin mengonsumsi makanan berlemak, maka bubuk kari mungkin dapat membantu. Hal ini karena bubuk kari mengandung fenugreek, biji-bijian yang dapat membantu menekan keinginan untuk mengkonsumsi makanan berlemak.

2. Jinten
Beberapa penelitian terbaru menemukan, bubuk jinten dapat membantu menurunkan berat badan secara alami, dengan cara menurunkan kadar lemak tubuh. Bubuk jinten sama efektifnya dengan salah satu obat penurun berat badan (orlistat). Selain itu, bubuk jinten juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida.

3. Rosemary
Di Jerman, rosemary telah disetujui untuk digunakan sebagai pengobatan terhadap gangguan pencernaan. Selain itu, rosemary juga diduga dapat membantu menghilangkan rasa lapar dan membantu menurunkan berat badan.

Hal ini karena rosemary mengandung asam karnosik, suatu zat yang dapat membantu menurunkan berat badan dengan menghambat pembentukan sel-sel lemak. Rosemary juga membantu otot ‘mengambil’ gula dari dalam darah, sehingga membantu menurunkan kada gula darah dan menekan rasa lapar.

4. Mustard
Mustard dapat meningkatkan laju metabolisme tubuh, walaupun hanya sedikit. Mustard pun dapat membantu tubuh Anda membakar lebih banyak lemak. Per satu sendok teh, mustard mengandung sekira tiga kalori.

5. Lada hitam
Dalam lada hitam terdapat zat yang dapat membantu menurunkan berat badan. Sebuah penelitian menemukan bahwa piperine, dapat menghambat pembentukan sel-sel lemak baru.

6. Jahe
Selain dapat mengatasi mual dan berbagai gangguan pencernaan lainnya, jahe diduga dapat membantu menurunkan berat badan karena merupakan penekan nafsu makan alami dan dapat membuat Anda merasa kenyang sehingga makan lebih sedikit. Selain itu, jahe juga dapat meningkatkan pembakaran kalori dalam tubuh.

7. Kunyit
Para ahli menduga, beberapa zat kimia dalam kunyit dapat membantu mengurangi pembengkakan atau proses radang dalam tubuh, yang juga bermanfaat bila Anda sedang berusaha untuk menurunkan berat badan.

Pada percobaan pada hewan, curcumin yang ada dalam kunyit diduga dapat membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan laju metabolisme tubuh. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efeknya pada manusia.

8. Bawang putih
Para ahli menemukan, bawang putih juga dapat membantu mengendalikan berat badan. Melalui hewan percobaan, para ahli menemukan bahwa konsumsi bawang putih selama tujuh minggu dapat membantu mengurangi kadar lemak tubuh dan menurunkan berat badan, serta mengurangi dampak dari berbagai jenis makanan tidak sehat pada darah dan hati hewan percobaan.

9. Kayu manis
Kayu manis dapat bermanfaat bagi kesehatan karena mengandung antioksidan, anti radang, anti kuman. Selain itu, kayu manis juga telah terbukti dapat membantu mengendalikan kadar gula darah. Kayu manis dapat membantu memperbaiki kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2.

10. Cabai Rawit
Cabai rawit mengandung capsaicin, suatu fitokimia yang dapat melindungi Anda dari kanker, proses radang, membantu mengatasi nyeri, meningkatkan rasa puas atau kenyang setelah makan. Dengan demikian, Anda pun akan makan lebih sedikit.

Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi setengah sendok bubuk cabai dapat membuat seseorang membakar 10 kalori lebih banyak dalam waktu empat jam setelah makan dibandingkan dengan orang yang mengonsumsi makanan tanpa cabai sama sekali. ** Baca juga: Beberapa Bagian Tubuh yang ‘Menanggung’ Akibat Buruk Saat Anda Patah Hati

Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru