oleh

Laba-laba dengan Corak Mirip Tato dari Australia Jadi Spesies Baru

Kabar6-Seorang peneliti bernama Joseph Schubert menemukan spesies baru laba-laba asal Australia yang memiliki corak mirip tato di tubuhnya. Penemuan ini tentu saja menambah daftar panjang spesies laba-laba yang berhasil ditemukan di Australia.

Schubert lantas mengumumkan penemuannya itu lewat akun Twitter. Total ada tiga spesies baru yang secara resmi diperkenalkan oleh Schubert. “Ini tiga spesies terbaru dari Australia. Hingga hari ini ketiganya memiliki nama resmi, Maratus Aquilus, Maratus Felinus, dan Maratus Combustus,” demikian tulisnya.

Ketiga spesies laba-laba tersebut, melansir pedestrian, ditemukan Schubert saat bekerja untuk Proyek Maratus. Ketiga laba-laba tadi memiliki corak khas berwarna cerah di tubuhnya yang terlihat mirip dengan tato pada tubuh manusia.

Hal ini disebut sebagai hal yang baru. Pasalnya, laba-laba biasanya dikenali melalui taring dan rambutnya. Ketiga laba-laba ini malah dikenali melalui pola warna menyerupai tato yang berada di perutnya.

Untuk melihat setiap corak pada tubuh laba-laba ini, Schubert perlu menggunakan kaca pembesar karena ukuran tiap laba-laba yang begitu kecil. Dari hasil pengamatannya, laba-laba yang jantan memiliki tato yang cerah.

Sementara betina memiliki warna yang tidak mencolok sehingga sulit diidentifikasi. ** Baca juga: Sebuah Supermarket di Hong Kong ‘Dirampok’ Kawanan Sapi

Proyek Maratus sendiri dilakukannya di danau Jasper dan Gunung Romance yang terdapat di barat daya Australia. Kini tercatat sudah ada 73 spesies laba-laba Maratus yang ditemukan dan diberi nama.(ilj/bbs)

Berita Terbaru