oleh

Pantau Angkutan Lebaran, Bandara Soekarno-Hatta Gunakan Pusat Kendali Operasi

Kabar6-PT Angkasa Pura II mulai mengoperasikan Gedung Pusat Kendali Operasi atau Airport Operation Control Center (AOCC) pada angkutan Lebaran 2019 di Bandara Soekarno-Hatta.

Executive General Manager Bandara Internasional Soekarno-Hatta, M Suriawan Wakan mengatakan AOCC akan menjadi Posko Angkutan Lebaran di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

“Mulai tahun ini kami semua akan bertugas di AOCC,” katanya, Kamis 23/5/2019.

Wakan, mengatakan pertimbangan terpusatnya kendali operasi ini untuk optimalisasi fasilitas bandara serta membangun kerja sama dalam membuat keputusan berdasarkan kualitas informasi yang lebih cepat, tepat dan akurat.

Gedung AOCC, kata Wakan, merupakan fasilitas pengelolaan sistem bandara yang di dalamnya terlibat banyak stakeholder, mulai dari Angkasa Pura II, Airlines, CIQ (Custom, Imigration, Quarantine), Ground Handling Agent, Pertamina hingga Air Traffic Control.

**Baca Juga:Lebaran, Bandara Soekarno Hatta Siagakan Ribuan Personil dan 2.104 Kamera Pengintai.

Menurut Suriawan, optimalisasi fasilitas bandara yang umum digunakan seperti gate, check-in, penanganan bagasi, informasi penerbangan, parkir pesawat udara, parkir kendaraan, serta moda transportasi dapat termonitor aktifitasnya di gedung AOCC.

Menurut dia, semua institusi di Bandara Soekaeno-Hatta bekerja secara menyeluruh dalam proses pengelolaan kebandaraudaraan dengan menggunakan teknologi berbasis digital.

Dengan berfungsinya AOCC ini, Suriawan menegaskan, Posko di Terminal tetap beroperasi di setiap terminal seperti tahun sebelumnya. Termasuk juga di Terminal 1B. (GFM)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru