oleh

Hitung Besarnya Kalori dalam Gorengan dan Efeknya Bagi Kesehatan

Kabar6-Harus diakui, banyak orang menyukai makanan yang digoreng atau gorengan. Bahkan kini banyak sayuran yang juga diolah dengan cara digoreng. Padahal, mengonsumsi gorengan secara berlebihan tidak baik bagi tubuh, karena kandungan kalori yang sangat tinggi.

Secara umum, melansir Womantalk, makanan yang digoreng memiliki lemak dan kalori yang jauh lebih tinggi dibanding makanan yang tidak digoreng. Misalnya, satu kentang panggang kecil (100 gram) mengandung 93 kalori dan 0 gram lemak, sedangkan jumlah yang sama (100 gram) dari kentang goreng mengandung 319 kalori dan 17 gram lemak. Contoh lain, 100 gram filet ikan panggang mengandung 105 kalori dan satu gram lemak, sementara jumlah ikan goreng yang sama mengandung 232 kalori dan 12 gram lemak.

Namun kalori bukanlah satu-satunya bagian dari nutrisi yang perlu dipertimbangkan dalam makanan gorengan. Makanan yang digoreng dapat memperburuk gangguan pencernaan, tetapi itu hanyalah awal dari dampak kesehatan.

Sebuah studi jurnal penelitian BMJ mempelajari efek konsumsi makanan goreng pada lebih dari 100 ribu wanita. Studi ini menemukan bahwa makan lebih banyak makanan gorengan berkorelasi dengan peningkatan kemungkinan kematian, akibat kanker atau penyakit jantung.

Untuk menghindari semua masalah ini, tentu Anda dianjurkan mengurangi makanan yang digoreng. Namun, jika sesekali Anda ingin menikmati rasa makanan yang digoreng, pertimbangkan untuk memasaknya di rumah menggunakan minyak yang lebih sehat atau metode menggoreng alternatif. ** Baca juga: Ahli Sebut, Jus Jeruk Bukan Termasuk Makanan Sehat

Cara pertama adalah memilih minyak goreng yang lebih sehat. Minyak kelapa, minyak zaitun dan minyak alpukat termasuk yang paling sehat. Anda juga bisa mempertimbangkan cara menggoreng yang lebih sehat, seperti menggunakan oven dan air frying.(ilj/bbs)

Berita Terbaru