oleh

Hamidiye Camii, Masjid Bernuansa ‘Surga’ di Turki

Kabar6-Dari sekian banyak masjid bernuansa indah yang ada di Turki, terdapat salah satu yang menarik perhatian wisatawan karena arsitekturnya yang unik, dan disebut bernuansa ‘surga’.

Masjid yang dimaksud tidak lain adalah Hamidiye Camii. Bagaimana tidak, melansir Boombastis, masjid yang terletak di kota Kirsehir ini kabarnya adalah gambaran surga yang direalisasikan ke dalam bentuk desain interior. Hamidiye Camii sendiri dibangun di bawah pengawasan Kekhalifahan Utsmaniyah pada 1910, dan nama masjid diambil dari khalifah Islam terbesar pada waktu itu, yaitu Sultan Abduhlhamid II Khan. Masjid ini sempat dihancurkan, namun dibangun kembali dengan nama yang berbeda.

Sang arsitek yang berasal dari Azerbaijan memang sengaja membuat masjid tampak seperti surga yang digambarkan dalam kitab suci Alquran. Inspirasinya adalah Alquran surah Al-Baqarah: 22, di mana surga adalah tempat yang asri dan hijau. Karena itulah dalam masjid terdapat ilustrasi air terjun yang mengalir, pohon-pohon hijau, tumbuhan dan bunga, rumput (lantai) yang hijau dan segar, serta langit biru yang menghiasi semua ruangan.

Imam Hamidiye Camii yang bernama Sefa Ekinci mengatakan, mereka yang menjadi pengurus berusaha semaksimal mungkin menjaga segala fasilitas yang ada di masjid tersebut. ** Baca juga: Paspor Hilang, Warga AS yang Ada di Austria Bisa Lapor ke Restoran Cepat Saji

Benar-benar membuat betah orang yang beribadah di dalamnya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru