oleh

Cukup Seorang Teman untuk Bantu Anda Atasi Stres & Depresi

Kabar6-Sebagai makhluk sosial, manusia memang membutuhkan teman atau sahabat. Tidak sekadar bersosialisasi, kehadiran teman ternyata penting untuk menjaga kesehatan mental seseorang.

Studi yang diterbitkan dalam Journal of Psychiatry Research, melansir Grid, mengungkapkan bahwa dua dari lima orang dewasa yang mengalami depresi berat dapat mencapai kesehatan mental dengan bantuan satu sosok suportif yang selalu mendukung di dekat mereka. Para peneliti memeriksa lebih dari 2.500 warga Kanada yang mengalami gangguan depresi berat di beberapa titik dalam hidup mereka.

Hasilnya, lama depresi tidak mempengaruhi kemampuan individu untuk mencapai kesehatan mental yang lengkap. Mereka yang mengalami depresi lebih dari dua tahun ternyata bisa sembuh total secepat pasien yang mengalami gangguan mental selama beberapa bulan.

Para peneliti menganggap, kesehatan mental menyeluruh dapat terwujud ketika seseorang mendapatkan kebahagiaan, kepuasan hidup, hubungan sosial yang positif, dan kondisi psikologis yang baik setiap hari.

Bebas dari depresi, kecemasan, pikiran untuk bunuh diri, dan narkoba setidaknya satu tahun penuh juga menjadi persyaratan wajib untuk mencapai kesehatan maksimal secara optimal.

“Orang-orang dewasa penderita depresi yang memiliki hubungan emosional suportif memiliki kemungkinan empat kali lebih besar untuk mencapai kesehatan mental menyeluruh dibandingkan mereka yang tidak memiliki hubungan semacam itu,” kata Mercedes Bern-Klug dari University of Iowa.

Dijelaskan, “Penelitian ini memberikan pesan harapan untuk pasien-pasien yang berjuang dengan depresi, keluarga mereka dan para profesional di bidang kesehatan. ** Baca juga: Depresi & Cemas Bisa Menular?

Sejumlah besar individu yang sebelumnya tertekan bisa pulih dan mencapai kesejahteraan optimal,” kata Esme Fuller-Thomson dari University of Toronto, salah satu peneliti.(ilj/bbs)

Berita Terbaru