oleh

Cara Tepat Terapkan Diet Jus Buah

Kabar6-Ada banyak cara yang dilakukan kaum hawa demi memiliki bentuk tubuh yang ideal. Salah satunya adalah dengan menjalankan diet jus buah. Selain dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, diet jus buah juga dianggap mudah dan tetap enak dikonsumsi.

Meskipun demikian, diet jus buah ternyata juga memiliki beberapa dampak negatif pada kesehatan tubuh. Melansir beberapa sumber, setiap manusia membutuhkan kadar protein tertentu untuk mencukupi kebutuhan hariannya. Dengan hanya mengonsumsi jus buah, kebutuhan protein harian tubuh tidak akan terpenuhi dengan baik. Kadar protein harian untuk wanita dewasa sekira 46g dan untuk pria dewasa 56g. tercukupi.

Selain kandungan protein yang tidak mencukupi, kadar serat pada jus buah juga tidak mencukupi kebutuhan tubuh, sehingga membuat Anda lebih mudah merasa lapar.

Meskipun yang Anda konsumsi adalah jus yang terbuat dari buah kaya serat, proses pembuatannya menjadi jus menghilangkan hampir 90 persen serat dalam buah tersebut. Selain itu, tekstur cair yang dimiliki jus buah juga menyebabkan otak tidak merenspon dengan baik kalori dalam jus buah. Kalori dalam bentuk cair tidak bisa direpon sebaik kalori dengan tekstur padat.

Jumlah kalori yang diperlukan tubuh setiap hari adalah 1.200 kalori. Dengan hanya mengonsumsi jus buah, tentu saja kebutuhan ini tidak bisa terpenuhi, meski Anda meminumnya berkali-kali dalam sehari.

Dengan tidak terpenuhinya kadar kalori, tubuh akan menganggap Anda dalam kondisi kelaparan, sehingga menurunkan fungsi metabolisme yang berakibat pada terganggunya metabolisme normal.

Jika tetap ingin melakukan diet jus buah, cobalah untuk hanya mengganti satu atau dua makanan dengan jus buah. Hal ini bertujuan untuk tetap memenuhi kebutuhan tubuh.

Dengan mengurangi kalori yang masuk ke dalam tubuh, biasa berakibat rasa cepat lelah, lemas, dan kelaparan. Bahkan bisa mengundang penyakit yang serius untuk kesehatan tubuh. ** Baca juga: 4 Metode Puasa yang Paling Banyak Diikuti

Jadi, diet tidak bisa langsung dijadikan senjata untuk menurunan dan menjaga berat badan. Setiap melakukan diet, olahraga juga perlu dilakukan untuk tetap membantu membakar lemak berlebih dalam tubuh dan untuk menjaga kesehatan tubuh.(ilj/bbs)

Berita Terbaru