Home / Aneka Berita / Sehat / Begini Cara untuk Mengurangi Kecanduan Terhadap Makanan Manis
Ilustrasi/bbs

Begini Cara untuk Mengurangi Kecanduan Terhadap Makanan Manis

Kabar6-Setiap orang memiliki makanan kesukaan masing-masing. Sebagian menyukai makanan manis, sisanya memilih rasa asin atau gurih. Di satu sisi, mengonsumsi makanan manis secara berlebihan tentu tidak baik untuk kesehatan.

Memang bukan merupakan hal yang mudah untuk menghentikan kecanduan akan makanan manis. Meskipun demikian, melansir dokter.id, ada beberapa cara sehat yang dapat dilakukan untuk mengatasi kecanduan terhadap makanan manis. Apa sajakah itu?

1. Hindari mengonsumsi minuman manis
Sering mengonsumsi berbagai jenis minuman manis dapat meningkatkan kadar insulin dan keinginan untuk terus mengonsumsi minuman manis tersebut. Untuk berhenti dari kecanduan Anda terhadap gula, cobalah untuk mulai mengurangi bahkan menghentikan kebiasaan tersebut.

2. Berhenti mengonsumsi makanan manis
Hentikanlah kebiasaan Anda untuk mengonsumsi kue tart, biskuit, permen, dan berbagai jenis makanan manis lainnya sebagai camilan. Jika memungkinkan, konsumsilah buah segar ketimbang buah kering atau makanan siap saji lainnya, karena hampir 80 persen makanan siap saji mengandung banyak gula.

3. Kurangi konsumsi karbohidrat sederhana
Jika sudah mencapai tahap ini, maka Anda mungkin mulai dapat mengatasi kecanduan makanan manis dan mengalami penurunan berat badan. Sekarang adalah saatnya untuk mengurangi konsumsi berbagai jenis karbohidrat sederhana seperti biskuit, roti putih, dan berbagai jenis makanan lainnya yang terbuat dari tepung. Sama seperti halnya makanan manis, mulailah dengan mengurangi konsumsi berbagai jenis karbohidrat sederhana ini satu per satu setiap 1-2 minggu.

4. Baca label makanan
Sebelum membeli atau mengonsumsi suatu makanan, pastikan Anda telah membaca label yang tertera pada makanan tersebut dan mencari tahu berapa banyak gula yang terdapat di dalamnya.

Selain itu, waspadalah terhadap tulisan bebas gula atau sugar free karena seringkali berbagai makanan ini justru mengandung banyak karbohidrat sederhana sebagai pengganti gula. ** Baca juga: Bagaimana Efek Sering Terbangun Tengah Malam?

Sesekali tergoda mengonsumsi makanan atau minuman manis merupakan hal yang wajar. Hal yang terpenting adalah Anda tetap dapat mengendalikan diri.(ilj/bbs)

Check Also

Tidak Asal Minum, Ada Aturan Konsumsi Kopi untuk Wanita

Kabar6-Nyaris sebagian orang senang minum kopi, entah itu untuk mengawali pagi atau pada sore hari. ...