oleh

Kecanduan Video Game, Tiongkok Pecat Pejabat Partai Komunis

Kabar6-Seorang pejabat Partai Komunis Tiongkok bernama Li Qiang, telah dipecat karena kelalaian, kecanduan video game, dan serangkaian pelanggaran lainnya.

Qiang yang merupakan direktur pusat darurat medis di kota bersejarah Xi’an, dipecat setelah seorang wanita yang dilarang masuk ke rumah sakit karena pembatasan COVID-19 mengalami keguguran. Qiang, melansir thestandard, termasuk di antara pejabat partai yang ditegur pemerintah pada Januari atas skandal tersebut, yang memicu perdebatan tentang ekses dari strategi nol COVID-19 Beijing.

Rekaman insiden mengerikan dari wanita hamil itu menjadi viral di media sosial Tiongkok yang menyebabkan kemarahan publik yang meluas. Qiang kini telah dicopot dari jabatannya, dikeluarkan dari Partai Komunis Tiongkok yang berkuasa dan ditempatkan di bawah penyelidikan kriminal.

Menurut pernyataan pengawas partai wilayah provinsi, Qiang lalai dan korupsi. “Qiang sangat tidak bertanggung jawab, memicu beberapa insiden besar yang memicu opini publik negatif secara online dan menyebabkan dampak sosial yang buruk selama wabah di Xi’an musim dingin lalu,” demikian bunyi pernyataan tersebut.

Pernyataan itu juga menuduh bahwa Li telah menggelapkan dana publik, menerima suap dan mengalami kecanduan jangka panjang pada game smartphone. ** Baca juga: Pakai Henna, Murid 12 Tahun di Inggris Diusir dari Kelas

Pemerintah Tiongkok melihat video dan game seluler sebagai sumber korupsi moral dan telah mengambil langkah dalam beberapa tahun terakhir untuk membatasi waktu gamers yang lebih muda dan mengatur konten yang tidak diinginkan.

Masih menurut pernyataan tersebut, dugaan keuntungan ilegal Qiang telah disita dan dia sekarang berada di bawah penyelidikan kriminal.(ilj/bbs)