oleh

Setahun Rasakan Dinginnya Sel Penjara Gara-gara Injak Foto Jenghis Khan

Kabar6-Seorang pria bermarga Luo (19) dijatuhi hukuman setahun penjara gara-gara menginjak foto Jenghis Khan, penguasa termashyur bangsa Mongolia. Pria asal Tiongkok ini dinyatakan bersalah karena menghasut kebencian etnis dan melakukan diskriminasi etnis.

Video Luo tersebut, seperti dilansir Thehindu, kemudian beredar luas secara online di media sosial, dan menyebabkan ketidakpuasan serta kemarahan publik. Tentu saja karena Jenghis Khan adalah tokoh yang dihormati di antara etnis Mongol. Mengutip biro keamanan publik setempat, Luo telah mengunggah video dirinya ‘menginjak dan menghina’ foto Jengis Khan ke platform video populer Kuaishou. Ia juga menyebarkannya secara luas ke kelompok dan teman di aplikasi pesan WeChat.

Langkah tersebut mendorong reaksi keras publik dan beberapa dari mereka melaporkan ke polisi. Pihak berwenang lalu menghapus video tersebut. Saat di sidang, Luo meminta maaf karena telah melukai sentimen publik. ** Baca juga: Tersangkut di Cerobong Asap, Pencuri Ini Telepon Polisi

Diketahui, Jenghis Khan mulai menjadi pemimpin bangsa Mongol pada 1206, dan menyatukan suku-suku di Tiongkok Utara serta mendirikan Kekaisaran Mongol pada abad ke-13.(ilj/bbs)

Berita Terbaru