Seorang Diri Pendaki Asal Rusia Terdampar pada Ketinggian 6.300 Meter di Gunung Latok

kabar6.com
Gukov di ketinggian Gunung Latok, Pakistan.(rbth.com)

Kabar6-Seorang pendaki gunung asal Rusia bernama Alexander Gukov bersama rekannya, Sergey Glazunov, berusaha mendaki puncak gunung setinggi 7.145 meter di atas permukaan laut, Gunung Latok-I, Pakistan.

Diketahui, Latok-I pertama kali ditaklukkan oleh pendaki Jepang pada 1979. Gukov dan temannya menggunakan sisi selatan gunung untuk naik. Melansir Intisari, mereka mengambil rute tersulit, hingga akhirnya Glazunov menemui ajalnya. Sementara Gukov terjebak di ketinggian 6.300 meter, dan menunggu selama enam hari sebelum bantuan datang.

Anna Piunova dari Mountain.ru, situs pendakian gunung Rusia, menjelaskan bahwa Gukov mencari tujuan pendakian baru setelah dia menerima penghargaan terhormat untuk pendaki. Piunova pun memberi tahu tentang wajah utara gunung tersebut yang tak terkalahkan selama 40 tahun, sehingga Gukov menjadi terobsesi.

Pada 2017, Gukov mendaki wajah utara Latok-I bersama dengan dua pendaki dari St. Petersburg dan mereka mencapai 6.800 meter. Salah satu teman Gukov mengatakan bahwa gunung itu memiliki cuaca yang tidak dapat diprediksi, yang membuat aklimatisasi sulit.

Pendaki sering harus menunggu berjam-jam agar awan menghilang. Akibatnya, ketika pendaki hampir mencapai uncak, mereka harus turun karena tidak memiliki cukup makanan dan bahan bakar. Setelah kegagalan pada2017, Gukov percaya bahwa dia bisa menaklukkan gungung itu di lain kesempatan.

Pada 10 Juli 2018, Gukov dan Glazunov memulai pendakian kembali. Pada tanda ketinggian 5.500 meter, mereka meninggalkan alat berat di base camp bersama dengan catatan, “Kami mengambil persediaan makanan 5 hari.”

Pada 22 Juli, mereka berada di ketinggian 6.500 meter dan direncanakan untuk mencapai puncak keesokan harinya. Tapi mereka tiba-tiba berhenti mengirimkan pesan dan pada 25 Juli, helikopter penyelamat diberangkatkan. Kedua pendaki itu terlihat masih hidup setelah melewati gunung, jadi tidak perlu ada tindakan yang lebih lanjut.

Satu jam setelah itu, Gukov mengirim pesan darurat dan menjadi jelas bahwa selama jam itu, Glazunov jatuh, mungkin selama upaya untuk mulai turun. Piunova mengatakan, “Tak lama, tiga pesan lagi dari Gukov: (‘Sergey jatuh’, ‘Saya tergantung di dinding’, ‘Saya butuh bantuan. Saya butuh evakuasi’).”

Gukov tidak punya tali untuk diturunkan karena tali itu berada di ransel Glazunov bersama dengan sebagian besar pasokan gas. Gukov hanya punya tenda, lalu dia mencari tempat yang aman.

Pada hari yang sama, cuaca membaik untuk penyelamatan, tetapi tertunda dan tidak berhasil mencapai Gukov. Pria itu terus mengirim transmisi dan dia marah karena belum juga diselamatkan. ** Baca juga: Cadas! Wanita Paruh Baya Lawan 2 Pencuri Mobilnya dengan Gunakan Tas Tangan

Akhirnya, pada hari itu helikopter penyelamat Pakistan berhasil menemukan dan menyelamatkan Gukov. ** Baca juga: Europixpro Door, Produk Anak Negeri Berkualitas Dunia

Pilot melakukan operasi yang sangat teliti dan berbahaya karena pada ketinggian dan kondisi tersebut, sedikit saja salah langkah bisa sangat berbahaya bagi pilot maupun pendaki gunung.(ilj/bbs)