Makanan & Minuman yang Bantu Tekan Nafsu Makan

kabar6.com
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Dengan berbagai cara, tidak sedikit orang yang berusaha menurunkan berat badan agar memiliki tampilan yang ideal. Selain diet, olahraga juga menjadi salah satu pilihan untuk membantu tubuh jadi ramping.

Hal yang juga mempengaruhi adalah bagaimana cara kita mengendalikan nafsu makan. Melansir Womenitely, berikut adalah beberapa makanan dan minuman yang dapat membantu Anda mengurangi nafsu makan berlebihan:

1. Air putih
Mengonsumsi dua gelas air putih sebelum makan, dapat mengurangi jumlah asupan kalori Anda hingga 80 kalori. Hal ini karena air akan membuat Anda kenyang dan mengurangi keinginan untuk makan secara berlebihan.

Cobalah untuk mengonsumsi dua gelas air putih sekira lima menit sebelum makan. Bila Anda suka dapat menambahkan potongan buah lemon atau buah lainnya pada minuman untuk memperoleh vitamin tambahan.

2. Cokelat hitam
Cokelat hitam mengandung asam stearat yang dapat membantu proses pencernaan. Rasa pahit dari cokelat hitam akan mengirimkan sinyal pada tubuh, yang secara alami akan menurunkan nafsu makan. Pilihlah cokelat hitam yang mengandung 70 persen cocoa atau lebih.

3. Kopi
Bila dikonsumsi dalam jumlah sedang, kopi juga dapat berfungsi sebagai penekan nafsu makan alami. Hal ini karena kopi mengandung kafein yang dapat membantu mempercepat metabolisme tubuh dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Selain itu, kopi juga dapat meningkatkan energi, mood, dan membakar lemak. Kopi mengandung vitamin B2, vitamin B5, mangan, kalium, magnesium, dan vitamin B3, yang bermanfaat bagi kesehatan.

4. Oatmeal
Oatmeal biasanya mengandung sekira lima gram serat, yang akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

5. Teh hijau
Teh hijau mengandung katekin (antioksidan kuat) yang dapat membantu menekan glukosa dan memperlambat perubahannya menjadi sel-sel lemak. Dengan demikian, juga dapat membantu mencegah peningkatan kadar hormon insulin, yang baik bagi kesehatan dan nafsu makan Anda.

6. Apel
Mengandung banyak serat dan air. Apel dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan juga mengandung pektin, yang membantu menjaga kadar gula darah Anda tetap rendah.

7. Alpukat
Alpukat mengandung banyak serat dan lemak tidak jenuh tunggal (lemak sehat), yang dapat mengirimkan sinyal pada otak, bahwa Anda telah merasa kenyang.

8. Ubi
Mengandung banyak vitamin A, vitamin B6, vitamin C, dan vitamin E. Selain itu, zat pati yang terdapat di dalam ubi juga dapat membuat makanan lebih lama dicerna dan lebih lama berada di dalam lambung, yang akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

9. Saus cabai
Bagi seorang pecinta makanan pedas, maka saus cabai mungkin justru dapat menambah nafsu makan Anda. Namun pada saat yang sama, makanan pedas juga akan membuat Anda minum lebih banyak, yang berarti juga akan membuat makan lebih sedikit.

10. Salmon
Mengandung lemak sehat seperti asam lemak omega 3 dan mengandung banyak protein. Jika Anda tidak terlalu suka salmon, maka ikan tuna dapat menjadi pilihan. ** Baca juga: 2 Jenis Makanan Penyebab Karang Gigi

11. Kacang
Kacang-kacangan, terutama kacang almond mengandung banyak vitamin E, magnesium, dan antioksidan. Selain itu, almond juga mengandung banyak protein yang dapat membuat Anda merasa kenyang. ** Baca juga: Europixpro Door, Produk Anak Negeri Berkualitas Dunia

Yuk, dicoba.(ilj/bbs)