Terlalu Lama Duduk di Kloset Tidak Baik untuk Kesehatan

kabar6.com
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Apakah WC di rumah Anda adalah kloset duduk? Meskipun nyaman, ternyata Anda disarankan untuk tidak berlama-lama duduk di kloset. Mengapa?

Dikatakan seorang ahli, sebaiknya seseorang tidak duduk di atas toilet lebih dari 15 menit setiap kalinya. Bahkan, akan lebih baik bagi Anda bila buang air besar (BAB) hanya bila memang menginginkannya.

Bila tidak, seperti dilansir menshealth, hal ini justru akan membuat Anda tergoda untuk mengejan dan memaksa kotoran keluar dari dalam tubuh, yang dapat berujung pada terjadinya wasir atau hemoroid. Wasir terjadi saat pembuluh darah di sekitar daerah anus atau dubur Anda menonjol keluar. Pembuluh darah yang menonjol ini dapat membengkak, terasa nyeri, dan bahkan berdarah.

Bila membawa telepon genggam atau majalah/koran ke kamar mandi, hal ini justru akan membuat keinginan Anda untuk buang air besar menghilang, yang dapat memicu terjadinya sembelit hingga akhirnya wasir.

Mengapa demikian? Hal ini karena keinginan Anda untuk BAB disebabkan oleh adanya tinja dalam rektum, saat Anda menahan atau kehilangan keinginan BAB, maka akan terjadi gerakan usus balik, yang akan membuat tinja naik kembali ke daerah usus besar, sehingga tinja lebih sulit untuk dikeluarkan.

Saat tinja kembali masuk ke usus besar, maka usus besar Anda akan kembali menyerap sejumlah cairan yang masih ada di dalam tinja, yang akan membuatnya semakin sulit dikeluarkan dan memicu terjadinya sembelit. ** Baca juga: Makanan & Minuman yang Bantu Tekan Nafsu Makan

Jika Anda membutuhkan waktu lebih dari 10-15 menit untuk BAB, hal ini dapat merupakan pertanda adanya suatu gangguan pada organ pencernaan. Salah satu penyebabnya adalah karena Anda sedang stres, sehingga gerakan peristaltik usus pun berkurang. ** Baca juga: Europixpro Door, Produk Anak Negeri Berkualitas Dunia

Untuk mencegah terjadinya sembelit, konsumsilah banyak serat, setidaknya 38 gram setiap harinya. Bila Anda sedang terburu-buru, mengonsumsi segelas kopi mungkin dapat membantu melancarkan proses pembuangan tinja, karena kopi dapat membantu menstimulasi kontraksi otot yang berperan dalam terjadinya gerakan peristaltik usus.(ilj/bbs)