oleh

Penting untuk Mencuci Sayur dan Buah Agar Terhindar dari Bakteri

Kabar6-Sebelum diolah menjadi makanan, Anda memang disarankan untuk mencuci buah atau sayuran dengan air mengalir hingga bersih agar tidak ada lagi bakteri atau kotoran yang menempel.

Hal ini agar bakteri seperti Listeria Monocytogenes yang sanggup bertahan dalam suhu panas sekaligus dingin tidak ikut termakan. Melansir beberapa sumber, bakteri ini tidak membentuk spora melainkan biofilm, sehingga ketika menempel pada sayur dan buah bentuknya berupa lapisan lendir pada permukaannya. Bakteri ini kebal terhadap suhu panas, dingin, begitu pula dengan kadar asam dan garam.

Untuk melihat dampak Infeksi Listeria secara pasti, membutuhkan waktu sekira 3-70 hari. Namun, infeksi ini diawali dengan flu ringan, demam, atau mual usai mengonsumsi makanan yang terkontaminasi.

Bakteri Listeria mudah menyerang manusia dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, salah satunya ibu hamil. Satu dari tujuh wanita mengalami infeksi listeria selama masa kehamilan.

Apabila tidak dilakukan tindakan yang tepat, maka risiko terbesar adalah membahayakan keselamatan janin. ** Baca juga: Alternatif Lain, Cara Sehat Memaniskan Makanan dan Minuman Tanpa Gula

Pencegahannya yang dapat dilakukan adalah dengan mencuci sayur atau buah memakai air mengalir hingga terasa kesat. Bila perlu, bilas dua kali sebelum dimasak. Untuk meminimalisir risiko, masak sayur dalam air panas dengan suhu 75 derajat Celsius.(ilj/bbs)

Berita Terbaru