oleh

Praktik Ikat Telapak Kaki Wanita ‘Lotus Feet’ Diperkirakan Sudah Berlangsung Selama Ribuan Tahun

Kabar6-Pada era kerajaan, perempuan Tiongkok dianggap cantik jika memiliki bentuk kaki dengan ukuran kecil. Praktik ini dinamakan Lotus Feet, yang diperkirakan telah berlangsung selama 1.000 tahun.

Penelitian yang telah dilakukan, melansir smithsonianmag, menemukan bahwa praktik Lotus Feet telah dilakukan sejak perempuan berusia muda, tepatnya antara 4-9 tahun. Kaki anak perempuan yang akan diikat, mula-mula direndam dalam bak berisi air hangat yang telah dicampur obat-obatan herbal serta darah hewan.

Kemudian, telapak kaki diikat kuat-kuat dengan memakai semacam perban sambil ditekuk hingga menyerupai kuncup bunga. Anak perempuan tersebut harus berada dalam kondisi demikian hingga berbulan-bulan.

Dengan cara ini, ukuran telapak kakinya pun akan menjadi lebih kecil dibandingkan dengan telapak kaki orang normal ketika dewasa. Berdasarkan lokasinya, praktik ini dibedakan menjadi dua, yakni yang berasal dari wilayah Tiongkok Utara dan Tiongkok Selatan.

Dalam praktiknya, jari-jari kaki anak perempuan di wilayah Tiongkok Selatan akan dibiarkan berada dalam kondisi lurus. Sementara di wilayah utara, jari-jari kaki harus ikut ditekuk agar ukurannya turut mengecil.

Tentu saja praktik semacam ini cukup berpengaruh pada kondisi kesehatan orang yang bersangkutan. Pada umumnya, anak perempuan yang menjalani praktik ini akan mengalami infeksi pada bagian kaki, hilangnya sejumlah jari kaki, kesulitan berjalan, hingga meningkatnya risiko terjatuh dan patah tulang karena telapak kaki tidak cukup kuat untuk menopang badan.

Dsebutkan, pembebatan kaki biasanya dilakukan pada musim dingin untuk mengurangi rasa sakit, karena pengaruh suhu dingin dapat membuat kaki menjadi kebas. Idealnya, hasil kaki dari praktik ini memiliki panjang 7-9 cm, dan telah dilakukan pembebatan selama dua tahun.

Salah satu cara untuk mendapatkan informasi yang akurat adalah dengan melakukan penelitian terhadap penemuan fosil dari masa lalu. Salah satu penelitian dilakukan oleh Berger beserta timnya di lokasi penggalian Yangguanzhai, Provinsi Shanxi, Tiongkok tengah.

Mereka menemukan sisa-sisa tulang belulang pada masa itu. Sebagian tulang yang ditemukan merupakan tulang metatarsal, yakni tulang yang menghubungkan jari kaki dengan tumit. ** Baca juga: Tulang dari Tubuh Anggota Keluarga yang Sudah Meninggal Dunia Digunakan Sebagai Senjata

Ketika para ilmuwan membandingkan tulang-tulang metatarsal yang ditemukan, terdapat perbedaan pada beberapa tulang yang mana tingkat pertumbuhannya sama, namun ukurannya lebih kecil. Akhirnya pendapat tentang praktik Lotus Feet yang sempat merebak di Tiongkok pun terbukti.(ilj/bbs)

Berita Terbaru