oleh

Dua Bakteri Ditemukan pada Makanan Penyebab 171 Warga di Lebak Keracunan

Kabar6-Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kabupaten Lebak telah meneliti beberapa sampel makanan yang dikonsumsi warga di Cijaku hingga menyebabkan keracunan.

Hasil pemeriksaan labkesda pun telah keluar. Ditemukan dua jenis bakteri yang terkandung di dalam sampel makanan yang diteliti yakni mie, tempe orek, ayam goreng, telur rebus, dan gulai kambing.

“Ada Salmonela dan E.coli,” kata Kabid Pemberantasan Penyakit Menular dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinkes Lebak, dr. Firman Rachmatullah kepada Kabar6.com, Selasa (25/1/2022).

Firman menerangkan, bakteri bisa mengkontaminasi makanan pada saat proses pengolahannya. Banyak faktornya, mulai dari penggunakan peralatan masak yang tidak higienis hingga air yang digunakan.

“Banyak kemungkinannya, paparannya bisa berasal dari mana saja, termasuk dari tangan orang yang mengolah makanannya dan juga air karena kandungan E.coli banyak ditemukan dalam air,” papar Firman.

**Baca juga: Pohon Tumbang di Warunggunung, BPBD Lebak Imbau Warga Waspadai Cuaca Ekstrem

**Cek Youtube: Saksikan Podcast 5W1H, Edisi Ramai-ramai Isu Kota Tangerang Tengah

“Makanan yang basi juga bisa menyebabkan bakteri, tapi saya tidak bilang makanan ini basi ya. Makanannya oke, enggak basi tetapi ada kandungan bakteri yang kemungkinan besar karena proses pengolahan,” tambah dia.

Dari hasil pemeriksaan sampel makanan, tidak ditemukan kandungan zat kimia.

“Enggak, pemeriksaan memang enggak ditemukan kandungan zat kimia di dalam sampel makanan tersebut,” katanya.(Nda)

Berita Terbaru