oleh

Mendadak Kaya Setelah Temukan Koin Kuno dari Abad Kedua SM di Rumania

Kabar6-Seorang pensiunan polisi bernama Paul Duca menemukan koin kuno yang berasal dari abad ke-2 SM, di desa Radomiresti, sekitar 150 kilometer di sebelah barat ibu kota Rumania, Bukares.

Koin itu diperkirakan berasal dari 167 dan 149 SM. Melansir Express, untuk lebih meyakinkan lagi, koin tersebut diotentikasi dan ternyata berasal dari kerajaan kuno Makedonia. Koin atau tetradrachms yang ditemukan, semuanya memiliki prasasti karakteristik khas koin yang dicetak di kerajaan kuno Makedonia (Makedonia).

Koin-koin itu dihiasi dengan motif daun ek dan dicap dengan tulisan ‘Μακεδόνων Πρώτης’ atau ‘Makedonia dulu’. Menurut Gabriel Vandervort dari AncientResource.com, koin identik dicetak antara 167 dan 149 SM di percetakan Amphipolis.

Koin-koin tersebut dibuat dari perak di bawah pendudukan Romawi dan di satu sisi terdapat tulisan ‘Makedonia pertama’ dan kepala dewa atau raja di sisi lain. Sebuah petir berada tepat di sebelah kiri prasasti dan klub dongeng Heracles (Hercules) memotong di antara tulisan itu.

Duca total menemukan sebanyak 68 koin di Radomiresti, Olt County. Karena itu, dia mungkin telah menemukan harta karun setidaknya senilai £ 19.040.

Penemuan itu dibagikan dalam laman Facebook, di mana polisi setempat mengatakan bahwa pensiunan polisi berwenang untuk membawa detektor logam. ** Baca juga: Awal April 2021, NASA Berencana Terbangkan Helikopter di Planet Mars

Setelah Duca menggali kumpulan koin pertama, dia memberitahu polisi terdekat tentang penemuannya yang luar biasa. “Setelah menghitung dua puluh koin kuno, saya berhenti dan menelepon pihak berwenang,” ujar Duca.(ilj/bbs)

Berita Terbaru