oleh

Trovant, ‘Batu Hidup’ di Rumania yang Bisa Tumbuh dan Bergerak

Kabar6-Sebuah kota kecil di Rumania bernama Cotesti memiliki kumpulan batu unik berbentuk bulat besar yang bisa tumbuh dan bergerak seolah-olah hidup, dikenal dengan nama Trovant.

Bebatuan unik itu bisa ditemukan juga di sejumlah lokasi di daerah utara Ibu Kota Bucharest. Melansir Howstuffworks, Trovants diduga adalah batu beton pasir yang keras di bagian lapisan luarnya. Batu beton tadi lebih keras dari bebatuan di sekitarnya, dan ketika lapisan luar itu terkikis karena erosi, maka lapisan dalamnya akan muncul ke permukaan.

Ketika hujan mengguyur bebatuan trovant, air hujan akan bereaksi dengan kandungan mineral dari batu sehingga bagian dalam batu itu keluar sehingga membuat batu tampak mengembang. ** Baca juga: Bikin Penasaran, Ini Alasan Mengapa Alien Belum Juga Berkontak dengan Manusia

Tentu saja pertumbuhan batu itu berlangsung sangat lambat. Diperkirakan, batu itu tumbuh 5cm dalam 1.200 tahun. Biasanya batu trovant berbentuk bulat telur atau bulat meski bisa juga berbentuk lain.

“Tujuh juta tahun lalu ada delta di tempat tambang batu saat ini berada. Delta ini mengandung sedimen, terutama batu pasir yang terbawa arus sungai prasejarah melintasi benua. Akhirnya berbagai zat mineral itu larut dan tersebar di daerah cekungan bebatuan dan pasir di daerah ini,” terang Florin Stoican, manajer Taman Nasional Buila-Vanturarita.(ilj/bbs)

Print Friendly, PDF & Email