oleh

Masih Misteri, Ratusan Paus Pilot Mati Terdampar di Pantai Australia

Kabar6-Hampir sebanyak 200 paus pilot dilaporkan mati setelah terdampar di pantai terbuka Tasmania, Australia. Hal yang menyedihkan, para penyelamat Australia hanya dapat menyelamatkan beberapa puluh paus pilot yang terdampar dan melepaskannya ke laut.

Menurut laporan, upaya penyelamatan dilakukan seharian dalam kondisi sulit. Departemen Sumber Daya Alam dan Lingkungan Tasmania, melansir abc7, menerangkan bahwa hanya 34 dari 226 paus pilot yang terdampar yang berhasil diselamatkan. Artinya, jumlah paus pilot yang mati setelah terdampar sebanyak 192 ekor. Namun penyebab paus terdampar secara massal masih menjadi misteri.

“Kami telah mengapungkan kembali paus-paus yang dianggap kuat untuk dilepaskan kembali ke laut,” terang Sam Thalmann, seorang ahli biologi kelautan. “Setiap paus yang dilepas sudah diberi tag.”

Sebelum upaya penyelamatan besar dilakukan, penduduk setempat telah menutupi beberapa paus pilot dengan selimut serta menyiramnya dengan air laut agar tetap hidup sampai bantuan lebih banyak tiba.

“Sayangnya tingkat kematian tinggi terjadi pada kasus paus terdampar ini,” kata Brendon Clark, Manajer Operasi Satwa Liar Negara Bagian Tamansia. ** Baca juga: Mengejutkan, Penelitian Ungkap Ada 20 Kuadriliun Semut di Bumi

Kini upaya yang lebih besar menanti, yakni membersihkan bangkai-bangkai paus pilot tersebut dengan aman. Jika dibiarkan di perairan dangkal atau di pantai, bangkai-bangkai paus pilot itu bisa menarik hiu atau membawa penyakit.

Diketahui, lebih dari 300 paus pilot mati selama peristiwa itu, meski sukarelawan telah bekerja keras selama berhari-hari menyelamatkan mereka. Para ilmuwan masih belum sepenuhnya memahami mengapa kasus paus pilot yang terdampar massal terjadi.

Sejumlah ilmuwan bersepekulasi, kelompok paus pilot keluar jalur setelah makan terlalu dekat ke pantai. Paus pilot juga sangat dekat dengan kelompoknya, sehingga mereka dapat mengikuti teman satu kelompoknya yang tersesat dalam bahaya.

Semantara yang lain percaya, pantai landai seperti di Tasmania membingungkan sonar paus, membuat hewan itu mengira mereka berada di perairan terbuka. (ilj/bbs)