Home / Aneka Berita / Sehat / Jenis Makanan yang Harus Dihindari Saat Perut Sedang ‘Kosong’
Ilustrasi/bbs

Jenis Makanan yang Harus Dihindari Saat Perut Sedang ‘Kosong’

Kabar6-Mungkin secara tidak sadar Anda sering mengonsumsi satu jenis makanan saat kondisi perut belum terisi apa-apa alias masih kosong.

Padahal, kebiasaan itu ternyata cukup berbahaya bagi kesehatan. Hal itu karena makanan tersebut akan membuat perut Anda merasa tidak nyaman, bahkan yang paling buruk bisa menyebabkan Anda mengalami berbagai masaah kesehatan.

Apa saja sih makanan yang sebaiknya dihindari saat perut Anda belum terisi apa-apa? Melansir Trendyslide, berikut uraiannya:

1. Tomat
Tomat memang kaya akan antioksidan dan beberapa vitamin yang sangat baik bagi tubuh. Namun tomat bisa menjadi racun bagi lambung ketika dikonsumsi dalam kondisi perut yang kosong.

Kandungan asam yang terdapat pada buah tomat bisa memicu masalah pada asam lambung. Oleh karena itu, sebaiknya hindari mengonsumsi tomat dalam menu sarapan pagi Anda.

2. Minuman bersoda
Segala jenis minuman yang mengandung soda tidak disarankan untuk Anda konsumsi dalam keadaan perut kosong.

Ya, minuman bersoda pada umumnya mengandung kadar gula yang cukup tinggi, maka dari itu, ketika Anda mengonsumsinya di saat perut sedang kosong, maka kadar gula darah akan meningkat sebesar delapan kali lipat dari biasanya.

Hal ini cukup berbahaya mengingat Anda akan berpotensi untuk mengidap penyakit kencing manis (diabetes).

3. Makanan pedas
Ketika Anda mengonsumsi makanan pedas dalam kondisi perut yang kosong, maka asam lambung Anda akan menjadi bermasalah.

Hal ini bisa membuat Anda terserang radang usus dan masalah pencernaan. Jadi sebaiknya hindari juga mengonsumsi makanan pedas sebagai menu sarapan Anda.

4. Permen atau camilan manis
Kandungan gula dalam permen dan camilan manis bisa meningkat sebanyak delapan kali lipat ketika Anda memakannya dalam kondisi perut kosong.

5. Yoghurt
Yogurt memang sangat baik bagi kesehatan, khususnya untuk melancarkan pencernaan Anda. Namun itu tidak akan berlaku jika Anda mengonsumsinya dalam kondisi perut yang kosong.

Fungsi utama dari yoghurt adalah untuk membantu proses pencernaan dari makanan yang Anda konsumsi.

Jika Anda mengonsumsi yoghurt dalam kondisi perut yang kosong, maka tidak ada makanan yang akan dicerna oleh yoghurt tersebut. Alhasil, yoghurt yang Anda konsumsi hanya akan meningkatkan asam lambung saja. ** Baca juga: Mitos Makanan Sehat yang Ternyata Kurang Tepat

Jadi hindari kelima jenis makanan tersebut saat perut masih belum terisi apa-apa, ya.(ilj/bbs)

Check Also

Kurangi Kalori Tanpa Rasa Lapar, Begini Caranya

Kabar6-Mengurangi kalori bukan berarti kita akan merasa kelaparan atau mengurangi jumlah makanan secara drastis. Dengan ...