Home / Aneka Berita / Sehat / Mitos Makanan Sehat yang Ternyata Kurang Tepat
Ilustrasi/bbs

Mitos Makanan Sehat yang Ternyata Kurang Tepat

Kabar6-Agar tubuh tetap sehat, Anda tentu akan me cukupkan kebutuhan nutrisi dengan mengonsumsi makanan bergizi.

Banyak pendapat yang mengatakan bahwa mengonsumsi makanan sehat harus berbahan organik, rendah karbohidrat, dan protein tinggi.

Ternyata, tidak semua anggapan tersebut benar. Ada beberapa mitos tentang makanan sehat yang tidak sepenuhnya benar. Melansir magazine.job, berikut adalah mitos yang dimaksud:

1. Kurangi karbohidrat & penuhi kandungan protein
Sekira 45 hingga 65 persen asupan kalori harian orang dewasa berasal dari karbohidrat. Pakar kesehatan di seluruh dunia menjelaskan bahwa asupan karbohidrat yang tepat tidak membuat Anda bertambah gemuk.

Jadi, mereka merekomendasikan untuk mengonsumsi karbohidrat yang memiliki nilai gizi lebih seperti beras merah, kacang-kacangan, quinoa dan ubi jalar.

2. Mengonsumsi makanan yang sama setiap waktu
Mengonsumsi makanan yang sama untuk menurunkan berat badan terdengar seperti rencana yang bagus. Tetapi dalam kenyataannya, hal tersebut adalah sebuah kesalahan.

Menurut psikologi, mengonsumsi makanan yang sama untuk menurunkan berat badan justru akan menimbulkan rasa bosan dan akhirnya berat badan pun naik.

Selain itu, ada berbagai studi yang menunjukkan bahwa rasa bosan dapat menimbulkan rasa lapar, sehingga Anda hanya akan mengonsumsi banyak makanan.

3. Memilih roti ‘cokelat’ untuk menurunkan berat badan
Jika Anda berpikir bahwa mengonsumsi roti ‘cokelat’ untuk menurunkan berat badan akan memberi Anda hasil yang lebih baik, hal tersebut merupakan kesalahan yang cukup besar.

Tidak banyak orang yang tahu bahwa tidak semua roti berwarna cokelat adalah gandum utuh. Selain itu, hindari juga roti yang mengandung gula da tepung serba guna.

Jadi, ada baiknya untuk memeriksa kandungan dan kualitas dari roti tersebut bila Anda benar-benar ingin menyantap makanan sehat.

4. Semua kalori sama
Bukan hanya kalori yang menentukan seberapa bernutrisi makanan yang Anda konsumsi, tetapi juga sumber dari sebuah kalori.

Makanan berkalori tinggi dengan serat adalah alternatif yang lebih baik utuk Anda konsumsi setiap hari. Mangga dan blueberry sangat cocok untuk asupan kalori Anda. ** Baca juga: Peneliti: Seseorang Lebih Tertarik pada Suara yang Mirip dengan Dirinya

Semoga bermanfaat.(ilj/bbs)

Check Also

Dehidrasi Bisa Disebabkan Karena Kurang Tidur, Ini Penjelasannya

Kabar6-Sebuah studi terbaru mengungkapkan, tidur kurang dari enam jam dapat membuat tubuh tidak terhidrasi dengan ...