oleh

Edan! Seorang Dokter di Chile Suntik Dirinya dan 75 Orang Lain dengan Vaksin COVID-19 untuk Anjing

Kabar6-Seorang dokter hewan bernama Maria Fernanda Munoz di Kota Calama, Chile, menyuntik dirinya sendiri dan 75 orang lain dengan vaksin COVID-19 yang dikhususkan untuk anjing.

Dalam sebuah wawancara, Munoz mengaku tidak merasakan efek samping. Insiden ini terungkap setelah petugas dinas kesehatan mengunjungi klinik milik Munoz. Melansir SCMP, kunjungan dilakukan setelah muncul laporan, orang-orang di klinik itu tidak memakai masker. Setelah ditelusuri, ternyata mereka telah divaksinasi dengan vaksin untuk anjing.

“Sebenarnya, ini sangat berbahaya. Ada penelitian yang mengatakan, efek sampingnya pada manusia bisa menimbulkan iritasi. Tapi masih butuh studi lebih lanjut,” kata Roxana Díaz, wakil sekretaris otoritas kesehatan setempat. “Tetap saja, menginokulasi manusia dengan vaksin anjing tidak etis.”

Diaz melanjutkan, dokter hewan lainnya yaitu Carlos Pardo juga dijatuhi sanksi karena mempromosikan penggunaan vaksin anjing untuk manusia. ** Baca juga: Peneliti di AS Temukan Puluhan Kilogram Kokain Saat Survei untuk Cari Sarang Penyu

Munoz didenda sebesar sekira Rp149 juta, dan Pardo didenda Rp133 juta. Namun keduanya mengajukan banding.(ilj/bbs)

Berita Terbaru