Ditemukan Produk Kecantikan Bersama Kerangka Wanita Romawi Kuno

Kerangka wanita Romawi Kuno beserta alat kecantikannya.(iflscience)

Kabar6-Para arkeolog menemukan sarkofagus dari abad ke-3 yang berisi kerangka wanita asal Romawi kuno. Hal yang tak disangka, mereka juga menemukan perhiasan termasuk alat kecantikkan seperti cermin yang dikubur bersama kerangka tersebut.

Dalam pernyataan yang dirilis oleh Landesmuseum di Bonn, Jerman, sebagaimana dilansir iflscience, kuburan batu itu ditemukan di rute kuno antara Cologne dan Trier. Diperlukan waktu seminggu penuh untuk menggali sarkofagus yang sangat besar dan berat itu. Di dalamnya, arkeolog melihat kerangka wanita yang berusia sekira 25 hingga 30 tahun ketika meninggal dunia.

Wanita tadi dikubur bersama dengan kekayaan dan produk kecantikan yaitu seuntai mutiara, botol parfum, cermin, palet kosmetik, dan wadah kecil dengan tulisan Latin yang berarti ‘semoga berhasil’.

Masih belum jelas apa yang membuat wanita tersebut meninggal dunia di usia muda. Ada kemungkinan, kegemarannya terhadap kosmetik mengarahkannya pada bahan beracun yang merenggut nyawanya.

“Kosmetik dan perhiasan adalah dekorasi wanita. Mereka senang dan membanggakan hal tersebut, nenek moyangnya menganggap sebagai ‘harta wanita’,” demikian tulis ahli sejarah dalam buku Encyclopedia of Women in the Ancient World.

Para wanita akan mencerahkan kulitnya, lalu menggosokkan pigmen ke bibir dan pipi mereka. Terkadang juga mengoleskan antimonium di kelopak mata seperti eyeshadow. Parfum dari minyak zaitun dan air mawar menjadi hal umum pada masa itu. ** Baca juga: Sejak 29 Ribu Tahun Lalu Ternyata Manusia Sudah Memancing Gunakan Jaring

Meskipun makam Romawi dengan kosmetik cukup langka, produk kecantikan juga pernah ditemukan di kuburan Mesir Kuno. Pria dan wanita biasanya akan menghias mata mereka dengan celak dan membuat tubuhnya wangi dengan parfum.(ilj/bbs)